Asita Belum Bisa Bergerak

RADAR JOGJA. Meski telah disiapkan dana Rp 800 juta, Asita (Asosiation of Indonesian Travel Agent) DIJ ternyata belum bisa bergerak. Hal ini diungkapkan Andreas Perdana Putra dari Divisi Tiketing Aasita DIJ saat dihubungi koran ini kemarin.

"Memang dalam pertemuan Sabtu lalu antara Adam Air dan Asita DIJ disepakati, Asita DIJ akan mensosialisasikan pengembalian deposit bagi anggota Asita dengan membuatkan jadwal penyerahan pengembalian untuk agen yang menjadi mitra," ungkap Andreas.

Sayangnya, lanjut Donny --sapaan akrab Andreas Perdana Putra--, pihak Adam Air tidak memberikan data mengenai mitra itu. Donny mengakui data tersebut merupakan kerahasiaan dari manajemen Adam Air. "Tetapi bila itu tidak di-sharing-kan kepada kita, bagaimana kami harus bergerak. Sedangkan saya sudah dipasrahi untuk membantu teman-teman," kata Donny seraya menyayangkan komitmen Adam Air.

Untuk mengantisipasi hal itu, Donny hanya menghubungi anggota Asita DIJ dan menanyakan apakah ada kerja sama dengan Adam Air. Sehingga, Asita bisa bergerak agar deposit dari tiket yang dibayarkan kepada Adam Air bisa kembali utuh.

Direktur PT Mitra Persada Travelindo ini memprediksi, desposit yang dimiliki mitra agen berkisar Rp 10 juta hingga Rp 20 juta. Angka itu tergantung banyak-sedikit tiket Adam Air yang mampu mereka jual. "Awal dulu satu tiket kami membayar deposit Rp 250 ribu. Setelah itu, ada kenaikan menjadi Rp 500 ribu per tiket," ungkapnya.

Karena itu, Donny menyarankan kepada anggota Asita DIJ maupun yang bukan anggota Asita untuk segera memroses deposit itu langsung ke kantor Adam Air di Jalan P Diponegoro. "Kami perkirakan akan kelar paling cepat satu-dua minggu," imbuhnya.

Direktur Pasar Tiket Jogja Faroki Syayidi mengakui pihaknya belum mendapatkan kembalian dari deposit yang telah dibayarkan. Ia dijanjikan segera turun dalam minggu ini. "Hari ini (kemarin, Red) Pasar Tiket sudah memroses dan tinggal menunggu baliknya uang deposit itu," tegas Oki, biasa Faroki disapa.

Sementara itu, District Manager Adam Air Jogjakarta Ambar Prakoso menegaskan, pihak mitra bisa segera memroses deposit yang harus di-refund. Ia meminta kepada mitra untuk menghubungi di Kantor Cabang Adam Air, Jalan Diponegoro. "Ya, agar segera beres urusannya," ujar Ambar.

Ditambahkan, jumlah agen dan mitra bisnis Adam Air di Jogja dan Solo ada 130. "Sebanyak 80 agen dan mitra ada di Jogja, sisanya di Solo," tambah Ambar seraya mengatakan untuk urusan deposit, satu sampai dua minggu diharapkan sudah beres. (hes)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor