PBB Sleman 2007 Lampaui Target

SLEMAN (KR) - Kesadaran warga Sleman untuk membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) ternyata masih cukup tinggi. Buktinya, realisasi penerimaan PBB tahun 2007 dari semua sektor bisa melampaui target. Menurut Kepala Badan Pengelola Kekayaan dan Keuangan Daerah (BPKKD) Sleman Drs H Samsidi MSi, Rabu (2/4), usai penyerahan SPPT PBB Tahun 2008 untuk para lurah desa, untuk 2007 memang lumayan menggembirakan. "Karena semua target penerimaan PBB bisa tercapai, bahkan lebih," ujarnya. Dicontohkan, untuk PBB Sektor Pedesaan dan Perkotaan bisa masuk sekitar Rp 26,2 miliar atau 101,2 persen dari target Rp 25,9 miliar.

Kemudian untuk PBB Sektor APBN, dari target Rp 40,4 miliar bisa masuk sekitar Rp 44,3 miliar atau 109,5 persen. Sedang PBB Sektor APBD, penerimaan bisa mencapai Rp 33,4 miliar atau 148,6 persen dari target Rp 22,5 miliar. "Keberhasilan mencapai target ini tak lepas dari berbagai upaya intensifikasi untuk mengoptimalkan penerimaan. Dimulai dari pembentukan Tim Intensifikasi dan Satgas Intensifikasi PBB, pemberian door prize untuk pembayar PBB panutan, pemantauan penyampaian SPPT pada wajib pajak di tingkat desa dan pekan pembayaran di dusun-susun, serta penagihan ke wajib pajak door to door," jelasnya.

Disinggung target penerimaan PBB untuk tahun ini, Samsidi mengungkapkan, mengalami kenaikan dibanding tahun lalu. Misalnya untuk PBB Sektor Pedesaan dan Perkotaan menjadi Rp 32,8 miliar, PBB Sektor APBN sekitar Rp 49,6 miliar dan PBB Sektor APBD ditarget naik menjadi Rp 32,6 miliar. "Diharapkan penerimaan PBB 2008 juga bisa mencapai 100 persen atau bahkan melebihi target. Dengan demikian, Sleman akan mendapat reward yang tak sedikit jumlahnya," tambah Samsidi. (Has)-g

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor