Polisi Siap Amankan Objek Wisata

YOGYA (KR) - Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seiring perkiraan meningkatnya jumlah wisatawan pada saat liburan sekolah, aparat kepolisian menambahkan jumlah personel, untuk ditempatkan di sejumlah objek wisata yang ada di Yogya. Seperti langkah pengamanan yang dilakukan Polres Sleman, dengan memberikan tambahan personel, termasuk melaksanakan patroli rutin di objek-objek vital.

Kapoltabes Yogyakarta Kombes Pol Drs Agus Sukamso MSi ketika dihubungi KR, Kamis (3/7) menjelaskan pihaknya berkewajiban untuk menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban guna menjaga citra Yogyakarta sebagai kota wisata. Menurutnya, ramai-tidaknya wisatawan di suatu tempat tidak lepas dari masalah keamanan dan ketertiban. Jika di suatu daerah keamanannya tidak terjamin, bukan tidak mungkin wisatawan tidak mau berkunjung.
Untuk menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban terkait dengan kunjungan wisatawan, Poltabes Yogyakarta mengoptimalkan peran Polisi Pariwisata (Polpar) dan satuan fungsi (Satfung) lain turut mendukung.

Dukungan dari Satfung lain seperti Reserse misalnya, dimaksudkan untuk menekan pelaku kriminalitas yang biasa mencari sasaran pada wisatawan yang berkunjung ke kawasan Malioboro dan sekitarnya. "Untuk tahap awal, fokus penanganan pada kejahatan pencopetan dan penipuan," jelasnya.
Sementara itu, Kapolres Sleman AKBP Drs Suharsono melalui Kabag Ops AKP Saiful Anwar SIK menjelaskan pihaknya menambahh pernosil untuk diterjunkan ke objek-objek wisata. Selain candi Prambanan, lanjut Saiful, jumlah wisatawan di objek wisata Kaliurang dan Kaliadem dipastikan akan mengalamai peningkatan, seiring masa liburan sekolah awal bulan ini.
Hal yang sama, juga dilakukan jajaran Polres Bantul, yang juga menambahkan jumlah personel untuk mengamankan beberapa objek wisata di Bantul. Pengamanan itu dilakukan, juga dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan para pengunjung itu sendiri. "Kami memang menambah jumlah personel untuk mengamankan liburan sekolah, terutama di obyek-objek wisata seperti di Pantai Parangtritis dan pantai Depok," jelas Kapolres Bantul AKBP Stephen M Napiun SIK SH melalui Kabag Ops Polres Bantul Kompol Widiatmoko.
Widiatmoko menambahkan, bukan berarti obyek wisata yang lain tidak diamankan, semua tetap dalam pengawasan kami. Disinggung soal banyaknya pengunjung yang datang ke pantai Parangtritis, Widiatmoko mengatakan jika pengungjung patuh dan tertib dengan rambu lalu lintas yang ada, dipastikan angka kecelakaan bisa diminimalisir. (Hrd/*-6/*-8)-f

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor