|

4.500 Ketukan, Batu Ginjal Pecah

SLEMAN - Kabar baik bagi penderita batu ginjal yang takut operasi bedah. Saat ini ada alat yang bisa memecahkan batu ginjal dari luar tubuh.
Namanya extracorporeal shock wave lithotripsy atau (ESWL). Adalah Rumah Sakit Bedah Annur di kawasan Kolombo yang memanfaatkan alat buatan Jerman itu.  Alat canggih tersebut seharga Rp 4,9 miliar. RS Annur merupakan satu-satunya yang memiliki alat tersebut. "Kami mendatangkan alat ini karena penderita batu ginjal harus keluar negeri untuk mendapatkan pengobatan dengan ESWL," kata Direktur RS Bedah Annur dr Danarto kepada wartawan kemarin.

ESWL adalah tindakan memecahkan batu dari luar tubuh dengan menggunakan gelombang kejut. Gelombang kejut yang dihasilkan dari alat tersebut dapat memecah batu menjadi pecahan halus dan keluar bersama air seni.

Tindakan menggunakan ESWL tanpa menimbulkan luka, tanpa pembiusan atau rawat inap. Pembuatan alat tersebut terinspirasi suara gemuruh pesawat yang mampu memecahkan dinding kaca.

Lalu, seorang ahli menciptakan alat yang bisa memecahkan batu tanpa harus disentuh. Akhirnya lahirlah ESWL. ESWL dioperasikan RS Annur sejak 17 September lalu.

"Sejauh ini belum ada keluhan dari pasien soal efek samping. Semuanya berlangsung lancar. Pasien juga aman," kata Danarto.

Penanganan satu kasus dibutuhkan waktu sekitar 20 menit. Penanganan batu ukuran kecil ditembak dengan power kecil sebanyak 4.500 ketukan. Biaya operasi ini Rp 7,5 juta. (lin)


Posted by Wawan Kurniawan on 16.18. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented