|

8.933 Terima PKH Tahap Kedua

RADAR JOGJA- GUNUNGKIDUL - Sebanyak 8.933 kepala keluarga keluarga (KK) yang dikategorikan keluarga sangat miskin di Gunungkidul menerima Program Keluarga Harapan (PKH) tahap kedua kemarin. Pencairan dilakukan di kantor-kantor pos di 18 kecamatan di kabupaten berslogan Handayani.

Jumlah penerima PKH tahap kedua ini lebih sedikit dibanding penerima pada tahan pertama. Jumlah penerima tahan pertama mencapai 9.233 KK.

Dana bantuan tersebut diperuntukkan untuk pembiayaan pendidikan dan kesehatan keluarga miskin. "Pencairannya senetak di seluruh kantor pos yang ada di kecamatan agar mempermudah warga untuk mengakses," ujar Kepala Kantor Pos Wonosari Yulius Dradjat kemarin.

Kantor Pos Wonosari mencairkan dana untuk sekitar 400 KK. Saat pencairan tampak antrean terjadi di depan loket pencairan dana.

Dana untuk pelaksanaan PKH tahap kedua di Gunungkidul mencapai Rp 3.487.074.000. Jumlah ini ditalangi terlebih dulu oleh PT Pos.

Jumlah dana bantuan yang diterima setiap keluarga tidak sama. Jumlah yang diterima tergantung banyaknnya tanggungan atau jumlah anak dan kondisi perekonomian setiap keluarga sasaran. "Uang bantuan yang diterima tiap KK bervariasi. Besarnya mulai Rp 200 ribu hingga Rp 700 ribu," tambahnya.

Pembayaran PKH dilakukan setiap triwulan. Rencananya, pembayaran PKH untuk triwulan ketiga dan keempat akan dibayarkan dengan cara dirapel. Pembayaran diperkirakan dilaksanakan Desember mendatang.

Seorang penerima program PKH, Ngadisah, 73, mengaku gembira mendapat dana bantuan tersebut. Dia berjanji akan menggunakan uang tersebut untuk biaya pendidikan cucunya. "Uangnya bisa untuk biaya sekolah cucu saya," ujarnya.

Selama ini Ngadisah tinggal bersama cucunya, putra dari anak perempuannya. "Suami saya sudah meninggal beberapa tahun lalu. Anak saya merantau bersama suaminya," ungkapnya. (cw5)

Posted by Wawan Kurniawan on 17.15. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented