|

JUMLAH PENGANGGURAN TERUS MENINGKAT; Pemkot Siapkan Tenaga Kerja Berkualitas

YOGYA (KR) - Menurut data Disnakertrans Kota Yogyakarta jumlah pencari kerja (updating 2007) mencapai 34.641 orang. Jumlah angkatan kerja ini setiap tahun terus meningkat sehingga pengangguran juga bertambah. Akibatnya kesempatan kerja sangat terbatas sementara angkatan kerja yang membuka usaha mandiri juga masih rendah.
Hal itu dikemukakan Kepala Disnakertrans Kota Yogya, Widorisnomo ketika membuka Rapat Koordinasi Jejaring Informasi Bidang Pelatihan Dan Produktivitas di Wisma Batik, Selasa (25/ 11).

Rakor yang bertujuan untuk menjembatani komunikasi tripartit antara pemerintah, buruh dan pengusaha ini diikuti oleh perwakilan asosiasi pengusaha, perwakilan tenaga kerja penyandang cacat (penca) dan instansi terkait.
“Pelatihan kerja merupakan langkah strategis untuk menangani kesenjangan kualitas kerja maupun mempersiapkan tenaga kerja untuk usaha mandiri,” katanya.
Kebijakan yang ditempuh Pemkot di bidang tenaga kerja dengan mendorong penciptaan lapangan kerja formal yang seluas-luasnya serta memfasilitasi peningkatan produktivitas tenaga kerja.
Secara khusus Widorisnomo mengatakan kebijakan yang ditetapkan adalah peningkatan kualitas dan produktivitas melalui pengembangan jejaring kerja sama, peningkatan pelatihan dan pemagangan dan peran serta dunia usaha untuk bidang-bidang yang prospektif dan berorientasi pada pasar kerja.
“Untuk itu tenaga kerja harus diberdayakan supaya mereka memiliki nilai lebih dalam arti lebih mampu, lebih terampil dan lebih berkualitas. Supaya dapat berdaya guna secara optimal dalam pembangunan dan mampu bersaing dalam era global,” terang Widorisnomo.

Ditambahkan, penyiapan tenaga kerja oleh Pemkot dilakukan melalui pendidikan formal, latihan kerja, pengembangan ditempat kerja serta perbaikan gizi dan kesehatan.
Keempat jalur pengembangan ini saling terkait dan menunjang sebagai satu sistem untuk meningkatkan harkat, mertabat, mutu dan kemampuan tenaga kerja sebagai sumber daya manusia. Untuk itu diperlukan keterpaduan dalam pembinaan sumber daya serta dukungan stakeholder. (Nik)-f

Posted by Wawan Kurniawan on 14.44. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented