|

Pendaftar CPNS Capai 6.121

HARIAN JOGJA - SLEMAN: Hingga hari terakhir pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Jumat (21/11) kemarin, jumlah pendaftar yang menyerahkan berkas mencapai 6.121 orang. Jumlah itu lebih sedikit dibanding pendaftar melalui sistem online yang mencapai 7.793. Dari ribuan pendaftar CPNS, terdapat dua difabel.

I Wayan Gundana, Plh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sleman menuturkan mayoritas pendaftar adalah mereka yang berminat mengisi lowongan sebagai tenaga teknis. Meski demikian, hingga kemarin, dia belum dapat merinci secara pasti jumlah pendaftar tiap formasi karena harus menyusun hinga selesai.

Namun, hingga satu hari sebelum penutupan pada Kamis (20/11), dari 4.965 berkas yang masuk, sebanyak 2.673 pendaftar menyerahkan berkas lowongan tenaga teknis. Sementara, pendaftar formasi guru sebanyak 1197, dan formasi tenaga kesehatan sebanyak 1095.

“Untuk posisi yang paling sedikit peminat adalah guru sekolah [SD] dasar yang berkualifikasi sarjana. Dari 175 posisi yang tersedia, hanya 25 pelamar yang bergelar S1, sementara 582 pelamar bergelar D2. Sementara, peminat paling banyak adalah pada posisi penata laporan keuangan,” ungkapnya.
Dia juga menerangkan, dua difabel yang ikut serta mendaftar penerimaan CPNS adalah penderita cacat kaki. Keduanya mengajukan lamaran untuk mengisi posisi penata laporan keuangan dan penyiap pengendalian ekspor. Dia menerangkan, berkas yang telah dikumpulkan pelamar selanjutnya akan diverifikasi untuk menyeleksi pelamar yang memenuhi syarat administrasi.

“Sampai saat ini memang ada berkas yang masuk tetapi tidak lolos administrasi, diantaranya ijazah tidak sesuai dengan formasi, surat keterangan dokter hanya fotokopian, legalisir ijazah yang belum dicap atau sebaliknya dicap tetapi tidak ditandatangani pejabat yang berwenang,” ujarnya.
Selanjutnya, pada 26 November 2008, melalui sistem online, pihaknya akan mengumumkan pelamar yang berhak mengikuti seleksi. Seleksi penerimaan akan dilaksanakan secara serentak di seluruh DIY pada 7 Desember mendatang.

“Tempat tes CPNS di Kabupaten Sleman akan dilakukan di gedung-gedung sekolah, namun sampai sekarang belum ditentukan sekolah mana yang akan digunakan karena kepastian jumlah peserta belum ada,” ucapnya.

Oleh Budi Cahyana

Posted by Wawan Kurniawan on 15.35. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented