|

Pendaftar CPNS tinggi

HARIAN JOGJA: Animo pendaftar calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DIY maupun di Kabupaten Bantul tinggi. Sebagian besar pendaftar memasukkan berkas ke formasi yang tersedia, namun demikian ada formasi yang belum terisi yakni pelatih olahraga yang dianggap berat persyaratannya.
Selama pendaftaran petugas layanan pendaftaran yang kemarin menerima lamaran, harus mengembalikan sebagian berkas kelengkapan syarat administratif. Berkas yang dikembalikan masih bisa dilengkapi sesuai jadwal yang ada.

Kepala Bagian (Kabag) Pengembangan Pegawai Biro Kepegawaian Provinsi DIY, Bayu Hariyono menyebutkan hasil rekapitulasi hari pertama penerimaan CPNS mencapai 98 orang pendaftar. Petugas harus mengembalikan berkas pendaftar karena tidak memenuhi kelengkapan syarat administrasi seperti legalisir ijazah dari perguruan tinggi dan persyaratan akreditasi dari perguruan tinggi yang ada. “Kami kembalikan berkas, mereka mesti melengkapi secepatnya,”ujarnya. Pendaftar memiliki kesempatan untuk melampirkan persyaratan tersebut hingga pendaftaran terakhir pada tanggal 2 Desember yang dibuka pada pukul 08.00-13.00 WIB di Gedung Transito, Jalan HOS Cokroaminoto.

Biro Kepegawaian belum merekapitulasi formasi yang telah terisi pada hari pertama pendaftaran kemarin. Menurutnya, kebutuhan formasi CPNS pelatih olah raga menjadi sulit dengan kriteria yang agak berat. “Kemungkinan formasi pelatih olah raga sulit terisi, syaratnya terlalu sulit,”kata dia. Syarat yang ada menjelaskan harus dibuktikan melalui prestasi olimpiade minimal juara tiga medali perunggu ASEAN Games.

Sementara itu sejumlah formasi baru muncul sesuai dengan kebutuhan yang ada seperti pelatih olahraga, analis perekonomian dan sumber daya alam, analis kesejahteraan rakyat dan kemasyarakatan, analis kesatuan bangsa dan politik dan analis ketahanan pangan. Suwartinah, lulusan Fakultas Pertanian UGM mengatakan sistem perekrutan CPNS tahun ini lebih baik ketimbang tahun lalu. Dirinya mengaku mudah memenuhi prosedur yang ada dan kesempatan formasi lebih terbuka lebar. “Saya hanya berharap tidak muncul percaloan, panitia mesti berikan hasil yang transparan,”ujarnya.

Enam formasi

Sementara itu pendaftaran hari pertama CPNS untuk Kabupaten Bantul, yang dibuka Sabtu (15/11) pukul 08.00 WIB, sudah terlihat banyak pelamar. Maman Permana, Kabag Kepegawaian Pemerintah Kabupaten Bantul mengatakan, sebanyak 450 surat lamaran sudah diterima dan akan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Sebanyak 450 lamaran yang masuk itu ditujukan untuk enam formasi yang dibuka,” terang Maman ketika dihubungi, kemarin. Dia mengatakan, pelamar paling banyak adalah tenaga teknis dengan jumlah pelamar sebanyak 300 orang. Sementara tenaga pendidikan, jumlah pelamar ada 102 orang. “Itu terbagi untuk guru SD 31 orang, SMP 30 orang, SMA ada 22 pelamar, dan SMK ada 19 orang,” ungkap Maman. Untuk tenaga kesehatan, jumlah pelamar sebanyak 48 orang.

“Pada evaluasi proses penerimaan pendaftar hari pertama, berjalan dengan baik dan tertib,” ungkap Maman. Lebih lanjut dikatakan, tidak ada persoalan berarti yang dihadapi oleh panitia. Dia menginformasikan, untuk hari Senin (17/11) penerimaan pendaftaran CPNS Kabupaten Bantul akan dibuka dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. “Para pelamar harap membawa semua persyaratan dan antri dengan tertib,” pungkas Maman.
Jumlah Pelamar CPNS Kabupaten Bantul hari pertama

Tenaga Pendidikan : 102 orang
SD :31 orang
SMP :30 orang
SMA :22 orang
SMK :19 orang

Tenaga Kesehatan : 48 orang
Tenaga Teknis : 300 orang
Total : 450 Orang

Oleh Shinta Maharani & Dian Ade Permana
Harian Jogja

Posted by Wawan Kurniawan on 16.30. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented