|

Peserta Try Out CPNS Membludak

HARIAN JOGJA - BANTUL: Peserta try out atau latihan ujian pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Induk Parasamya kemarin membludak. Panitia terpaksa mengundur acara hingga 15 menit untuk menyediakan kursi bagi peserta yang datang belakangan.
“Animo peserta di luar dugaan. Peserta yang datang hampir mencapai 250 orang. Sangat meleset dari perkiraan kami sebanyak 150 orang saja,” kata Elisabeth Kuan, panitia penyelenggara.

Membludaknya peserta menyebabkan panitia menunda try out hingga 15 menit dan menata kursi cadangan. Sebagian peserta bahkan mengambil sendiri kursi-kursi yang ditumpuk di pinggiran ruangan tersebut. Peserta yang telah hadir lebih awal diminta untuk tidak mengerjakan soal sebelum semua peserta siap.
“Mohon maaf kami menunda pelaksanaan sekitar 15 menit karena kurangnya ketersediaan kursi bagi peserta yang baru saja datang. Jadi soal jangan dikerjakan dahulu, namun data pribadi pada lembar jawaban dapat diisikan sekarang,” kata Lisa sesaat setelah sebagian besar peserta memadati tempat duduk yang tersedia.
Try out yang diselenggarakan atas kerjasama Smart Gama Solution (SGS) dengan Forum Komunikasi Guru Bersatu (FKGB) ini bertujuan untuk menyongsong penerimaan CPNS 2009 di Bantul. Ini merupakan satu-satunya try out yang diadakan untuk menyambut pendaftaran CPNS di seluruh DIY. Tes sebenarnya akan diadakan Minggu (7/11).
“Tujuannya untuk memberi wawasan perkiraan soal ujian CPNS berdasar pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Namun tidak ada jaminan bahwa soal akan mirip dengan yang kami berikan,” kata Umi Khulzum, Ketua FKGB Bantul.
Soal yang disediakan pihak SGS ini dibuat secara umum sehingga dapat dikerjakan oleh semua peminta tenaga bail tenaga pendidikan, teknisi, kesehatan dan lain-lain. Peserta try out masing-masing ditarik biaya Rp40.000 untuk penyediaan fasilitas try out.
Ada penilaian langsung yang diberikan setelah peserta selesai mengerjakan soal. “Jadi peserta dapat memperkirakan kemampuan masing-masing. Namun sekali lagi try out bukan jaminan kelulusan CPNS,” kata Umi.
Erna, salah satu peserta try out mengatakan dirinya mengikuti try out sebagai pemanasan sebelum ujian CPNS yang sesungguhnya. “Sebagai pemanasan saja soalnya sudah lama tidak mempelajari soal-soal ujian dalam penerimaan CPNS,” katanya.

Oleh Ratri Lila Prabawani

Posted by Wawan Kurniawan on 16.40. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented