POLDA DIY DAN POLTABES; Siap Amankan Kunjungan Pangeran Charles

YOGYA (KR) - Polda DIY siap melakukan pengamanan pada saat kunjungan Pangeran Charles (Prince of Wales) di Yogyakarta, Selasa (4/11). Rencananya Pangeran Charles akan bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwana X dan mengunjungi sejumlah objek wisata. Meski demikian pengamanan tidak dilakukan secara khusus, melainkan sesuai dengan prosedur tetap (protap) pengamanan tamu negara.

Menurut Kabid Humas Polda DIY AKBP Any Pujiastuti, jajaran Polda DIY siap mengamankan kunjungan Pangeran Charles. Secara prinsip, petugas siap sewaktu-waktu melakukan pengamanan terhadap tamu negara. Saat kunjungan Pangeran Charles ke Yogyakarta, Polda DIY akan membackup petugas dari Poltabes Yogyakarta dan Polres Sleman untuk mengamankan agenda kunjungan di sejumlah tempat.

Any Pujiastuti menyampaikan pihaknya telah melakukan langkah-langkah antisipasi untuk menekan kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban. Koordinasi dengan beberapa Polres/Poltabes yang akan menjadi tujuan kunjungan Pangeran Charles. Hal itu dilakukan agar nantinya saat Pangeran Charles berada di Yogyakarta, tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban.

Selain bertumpu pada pihak Poltabes Yogyakarta, pengamanan juga akan dilakukan oleh Polres Sleman. Saat Pangeran Charles melakukan kunjungan di sejumlah objek wisata, sedikitnya 350 personel akan diterjunkan untuk melakukan pengawalan dan pengamanan. Personel dari Polres Sleman akan bergabung dengan personel Polda DIY dan Poltabes Yogyakarta saat melakukan pengamanan.

Terpisah, Kapoltabes Yogyakarta Kombes Pol Drs Agus Sukamso MSi didampingi Kabag Ops Kompol Sujanto menjelaskan jajaran Poltabes Yogyakarta siap mengamankan kunjungan Pangeran Charles. Sedikitnya 400 personel dari berbagai satuan fungsi (Satfung). Mereka akan ditempatkan di sejumlah titik selama Pangeran Charles melakukan kunjungan, baik pada saat hendak bertemu dengan Sultan maupun ketika mengunjungi sejumlah objek wisata.

Agus Sukamso menambahkan pihaknya bertekad untuk menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban saat Pangeran Charles melakukan kunjungan, karena menyangkut citra Kota Yogyakarta di mata dunia Internasional.

Pengamanan yang dilakukan mulai dari pengaturan arus lalu lintas hingga sterilisasi tempat-tempat yang akan dikunjungi Pangeran Charles. Sterilisasi yang dimaksud adalah kepastian bahwa tempat-tempat tersebut dijamin keamanannya. Pengamanan sesuai dengan protap pengamanan tamu negara,รข€ jelasnya. (Hrd)-f

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor