|

980 Pendaftar Pilih 'Menyerah'

HARIAN JOGJA - WONOSARI: Sebanyak 980 pelamar CPNS 2008 yang mendaftar di Pemkab Gunungkidul, dinyatakan gugur karena tidak mengikuti ujian masuk yang digelar Minggu (7/12), lalu. Menurut data panitia penerimaan CPNS Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gunungkidul, dari jumlah pendaftar yang mencapai 6.219, ujian tertulis hanya diikuti 5.239 peserta. Dengan ketidak hadiran 980 peserta ujian tersebut, maka terdapat sisa soal sebanyak 1.301 lembar soal, dari soal semula yang disiapkan sebanyak 6.540 lembar, termasuk cadangan.
“Kami belum mendapatkan penyebab berkurangnya peserta ujian. Namun diperkirakan para pelamar tidak hadir karena mengikuti ujian CPNS di wilayah lain yang waktunya memang bersamaan,” kata Didit Widiatmoko, Bagian Perencanaan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gunungkidul yang juga tercatat sebagai panitia rekruitmen CPNS 2008 kepada Harian Jogja.

Ujian CPNS yang digelar Minggu, berlangsung sesuai dengan rencana, yakni dimulai tepat pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Ujian yang digelar menggunakan 23 gedung sekolah baik tingkat SMA, SMK dan SMP di dua wilayah yakni Kecamatan Playen dan Wonosari. Meski hujan mengguyur sejak pagi, namun tidak menyulutkan semangat para peserta untuk mengikuti ujian mengerjakan soal-soal ujian yang dibuat Pemkab Gunungkidul bersama tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Jogja.

Dari pantauan Harian Jogja, khusus penyelenggaraan ujian di SMAN I Wonosari yang menjadi lokasi ujian untuk calon tenaga guru pendidikan jasmani dan bahasa Inggris, sejumlah peserta ujian banyak yang mengeluh sulitnya soal ujian, khususnya untuk mata ujian bahasa Ingris. Beberapa soal tes solastik juga membuat para peserta mengaku kesulitan mengerjakan soal.

“Kami sama sekali tidak menyangka akan ada soal bahasa Ingris yang bobot soalnya sangat sulit di cerna,” kata Suko, peserta ujian CPNS untuk formasi pendidikan jasmani, asal Cilacap, Jawa Tengah. Keluhan yang sama juga disampaikan Dita, peserta lain yang juga mengaku kesulitan mengerjakan soal bahasa Inggris. “Soal bahasa Ingris sangat sulit dipahami,” kata alumni Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY ini.
Sementara , Kepala BKD Gunungkidul, Sunarto saat dikonfirmasi Harian Jogja, menyatakan, hasil ujian seleksi CPNS akan diumumkan pada 17 Desember 2008 mendatang. “Kana kita umumkan 17 Desember mendatang,”tuturnya singkat.

Oleh Endro Guntoro

Posted by Wawan Kurniawan on 16.03. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented