Andalan Baru Microsoft: Windows 7

Yogya (KR) SAAT ini beberapa partai politik di Indonesia sedang mengelus-elus jagonya yang akan diadu pada Pemilu 2009. Pada saat yang sama, Microsoft juga sedang mengelus-elus jago barunya, yaitu sistem operasi yang diberi nama Windows 7. Windows 7 diharapkan oleh para petinggi Microsoft dapat menggantikan Windows Vista yang dinilai gagal menggeser pendahulunya, Windows XP. Untuk memenuhi harapan tersebut, Windows 7 dilengkapi dengan kemampuan baru, selain perbaikan dari kemampuan yang selama ini sudah ada. Mike Nash, Wakil Presiden Produk-produk Windows mengatakan, dengan Windows 7 pemakai bisa mengerjakan hal yang sulit (bahkan tidak mungkin) dengan Windows sebelumnya.

Misalnya saja, menggunakan komputer yang selama ini banyak mengandalkan keyboard dan mouse, akan diperluas lagi dengan layar sentuh (dengan kemampuan beberapa titik sentuhan sekaligus, tidak hanya satu titik seperti selama ini) dan penggunaan suara untuk mengendalikan komputer. Beberapa perbaikan yang dilakukan oleh Microsoft di antaranya adalah dari segi tampilan, kinerja, dan integrasi. Dari segi tampilan, Windows 7 menggunakan tampilan model pita (ribbon) seperti pada Microsoft Office 2007. Dengan tampilan pita, tidak ada lagi menu atau ikon yang tersembunyi, sehingga memudahkan pemakai. Perbaikan kinerja dilakukan secara menyeluruh terhadap berbagai program bawaan Windows sebelumnya, seperti Internet Explorer, Windows Explorer, MS Paint dan MS Wordpad.

Teknologi tampilan sendiri akan menggunakan teknologi baru yang diberi nama Scenic. Scenic memungkinkan pemakai untuk mengubah berbagai tampilan sesuai dengan selera dan kebutuhan mereka, namun tetap konsisten dan menarik. Integrasi dapat langsung dilihat pada Windows Explorer yang jauh lebih digdaya dibanding versi sebelumnya. Pada versi baru ini, file-file jenis gambar, audio, video, dokumen, bahkan hasil unduhan, disatukan dalam lokasi yang disebut dengan Libraries (perpustakaan). Kalau pada versi sebelumnya, Windows Explorer hanya digunakan untuk mengelola file (menghapus, mengganti nama, memindah), kini sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk mencopot (uninstall) program dengan menu yang tersedia (sebelumnya harus melalui Control Panel).

Kemampuan lain di antaranya adalah adanya fasilitas penggantian wallpaper secara otomatis berdasarkan waktu (misalnya tiap 10 menit), sehingga pemakai tidak bosan melihat tampilan layar yang itu-itu terus. Lalu kemampuan menghadang virus dan berbagai program pengganggu dan perusak lainnya, juga diperbaiki secara signifikan. Namun ada juga kemampuan (software) yang dihilangkan dari Windows, sebagai akibat dari berbagai tuntutan pengadilan di banyak negara. Program-program seperti Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak lagi menjadi program bawaan namun harus diinstal (dan dibeli) secara terpisah.

Selain itu, Microsoft secara sukarela juga tidak lagi menyediakan Windows Sidebar yang selama ini disediakan di Windows Vista. Sebagai gantinya, Microsoft menyediakan Desktop Gadget Gallery. Fitur-fitur Baru Windows 7 memiliki kemampuan baru, di antaranya adalah Akselerasi, Sensor, Virtualisasi. Akselerasi merupakan kemampuan komputer untuk bekerja secara terpadu. Selama ini, yang sudah biasa kita kenal adalah perpaduan antara program komputer dalam satu keluarga, seperti MS Word, MS Excel, MS Powerpoint dalam keluarga MS Office. Kini kemampuan Akselerasi berlaku bagi hampir semua jenis data.

Ketika Anda sedang menuliskan ‘pameran komputer’ misalnya, Anda dapat langsung menghubungkannya dengan blog Anda, kalender, ensiklopedia, e-mail, peta, bahkan ke kontak atau nomor telepon. Gambaran yang paling dekat mungkin seperti Wikipedia. Di Wikipedia, satu paragraf artikel dapat terdiri atas puluhan link (tautan), demikian juga dengan Akselerasi. (Wing Wahyu Winarno, www.maswing.org)-o

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor