Cabai Tembus Rp18.000 per Kilogram

HARIAN JOGJA - BANTUL: Berdasar pantauan harga bahan-bahan pokok yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) menjelang tahun baru sebagian bahan kebutuhan pokok harganya stabil. Namun cabai merah besar mengalami kenaikan harga hingga mencapai Rp18.000 per kilogram. Kenaikan harga cabai ini cukup signifikan karena satu minggu sebelumnya harga cabai merah besar hanya Rp14.000 per kilogram. Pantauan terakhir yang dilakukan oleh Disperindagkop Sabtu (27/12) menunjukkan harganya telah mencapai Rp18.000 per kilogram.

Terjadi kenaikan yang cukup signifikan sekitar 28%. Namun kenaikan tersebut tidak disebabkan karena situasi menjelang tahun baru ini, melainkan panen yang semakin sedikit. Hal yang sama juga terjadi pada cabai rawit,” kata Yahya, Kepala Disperindagkop Bantul.
Berdasar data Disperindagkop, cabai rawit harganya naik dari Rp9.000 per kilogram menjadi Rp13.000 per kilogram atau mengalami kenaikan hingga 44%. Yahya mengatakan sudah menjadi hal yang wajar ketika musim penghujan tiba, panen cabai menurun dan menyebabkan harganya naik.
Bahan kebutuhan pokok lain yang mengalami kenaikan harga yaitu daging ayam broiler. Menjelang tahun baru ini harganya naik dari Rp16.000 per kilogram menjadi Rp17.000 per kilogram atau naik sebesar 6,25%. Khusus kenaikan harga daging ini Yahya mengatakan disebabkan karena peningkatan konsumsi.
“Kenaikan [harga] daging ayam broiler kemungkinan memang disebabkan karena permintaan konsumsi masyarakat pada liburan Natal hingga Tahun Baru ini. Namun kenaikannya tidak terlalu besar bila dibandingkan dengan kenaikan harga cabai,” katanya.
Kenaikan konsumsi oleh masyarakat dipicu oleh banyaknya warga yang pulang ke Bantul. “Memasuki liburan, banyak warga yang pulang ke Bantul namun jumlahnya tidak sebanyak kepulangan ketika libur Lebaran tiba,” kata Yahya.
Terpisah Giyono dan Suroto, petani cabai di lahan berpasir Sanden mengatakan para petani sudah tidak lagi memanen cabai. “Musim panen telah selesai beberapa waktu lalu. Sudah cukup lama. Saya sudah tidak ingat lagi harga jual cabai yang terakhir kali,” kata Giyono.

Kenaikan harga bahan pangan
Sebelum Sesudah
Cabai merah besar Rp14.000 Rp18.000
Cabai rawit Rp9.000 Rp13.000
Daging ayam broiler Rp16.000 Rp17.000

Sumber: Disperindagkop Bantul

Oleh Ratri Lila Prabawani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Terekam CCTV, Napi Asimilasi Ini Curi Uang dan Rokok di Pasar Sleman

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir