|

Dishub Isyaratkan Tarif Angkutan Turun

RADAR JOGJA - BANTUL - Dinas Perhubungan Bantul mengisyaratkan akan menurunkan tarif angkutan menyusul penurunan harga BBM jenis premium dan solar. Penurunan diperkirakan mencapai enam persen dari tarif yang berlaku saat ini. Namun, waktu penerapan penurunan tarif tersebut masih dirahasiakan. Jajaran Dishub Bantul masih melakukan."Kami tentu tidak bisa memutuskan sendiri penurunan tarif," kata Kepala Dishub Mardi Ahmad kepada wartawan kemarin.

Dishub akan berembug dengan Organda. Mardi mengungkapkan, saat kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu, Organda meminta kenaikan tarif kepada pemerintah. Kini, saat harga BBM turun, Dishub berharap Organda mau menurunkan tarif.

"Kita tentu ingin mencari solusi yang terbaik saat masyarakat kita seperti ini. Demikian juga keluhan dari pengusaha angkutan yang merugi," terangnya.

Menyikapi banyaknya pengusaha yang kolaps, Mardi menyatakan kondisi merupakan tantangan bagi pengusaha maupun pemerintah. Solusi yang dapat dilakukan dengan mengubah budaya masyarakat menggunakan jasa angkutan umum. Pengusaha juga dituntut melayani konsumen dengan baik.

Masih tentang transportasi. Pemkab Bantul sedang mewacanakan mengadopsi model bus trans Jogja. Namun, konsepnya tidak meninggalkan para pengusaha angkutan umum yang telah beroperasi.

Kapan rencana direalisasikan, Mardi belum bisa memberi kepastian. "Kan baru sebatas wacana? Masih butuh kajian mendalam menyangkut aspek positif dan negatifnya," kilahnya. (din)


Posted by Wawan Kurniawan on 20.03. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels