|

DPW PAN DIY CAPRESKAN HM AMIEN RAIS ; ‘Poros Penyelamat Bangsa’ akan Dibentuk

BANTUL (KR) - Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Prof Dr HM Amien Rais berencana membentuk Poros Penyelamat Bangsa bersama partai-partai menengah lainnya sebagai platform yang berbeda dengan dua kandidat presiden yang dianggap kuat pada Pilpres 2009 mendatang. Sebab, menurutnya, dua kandidat calon presiden, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Megawati bagai dua sisi mata uang.

Satu dari kedua kandidat tersebut yang terpilih menjadi presiden, tak akan bisa membawa perubahan berarti bagi bangsa dan negara.
Hal itu disampaikan pada orientasi caleg PAN dan pencapresan HM Amien Rais oleh DPW PAN DIY, Sabtu (27/12) si Hotel Ros In Ring Road Selatan Sewon Bantul. Baik SBY maupun Megawati, tambah HM Amien Rais, dalam membangun ekonomi di negeri ini sama-sama berkiblat pada IMF, Bank Dunia dan sejenisnya.
“Dari pengamatan saya, memang ada yang salah kenapa bangsa dan negara ini tak bisa maju. Di mana kemiskinan, pengangguran, ketidakadilan dan sejenisnya selalu menjadi masalah pokok yang tak pernah tertuntaskan. Hal itu disebabkan sejak sekitar tahun 1970-an pemerintah konsisten mencederai UUD 45 pasal 33 ayat A, B dan C. Yaitu ekonomi yang selalu berkiblat pada IMF dan Bank Dunia. Ekonomi kita tergantung pada utang atau penjualan potensi kepada pihak asing. Sehingga kita selalu disetir oleh asing, termasuk Bank Dunia dan IMF,” terangnya.
Untuk itu HM Amien Rais akan membentuk Poros Penyelamat Bangsa bersama partai-partai menengah untuk sama-sama meretas jalan yang berbeda dengan SBY maupun Megawati, demi perubahan bagi bangsa dan negara ini. Partai menengah yang dimaksud Amien Rais adalah partai yang bermartabat, bukan partai rental yang suka menjual suara ke sana sini. “Untuk itu dalam beberapa bulan ke depan kami akan terus memantau peta politik yang berkembang,” katanya.
Untuk mencapai kursi presiden, diakui Amien Rais memang cukup berat. Ada lima hal penting yang harus diperhatikan bagi seorang calon presiden, yaitu money (uang banyak), massa pendukung, media dan dukungan militer serta Amerika Serikat. Yang terpenting lagi adalah rida dari Allah.
Terkait dengan peta Pemilu 2009 mendatang, diakui oleh Amien Rais bahwa untuk mendongkrak perolehan suara PAN, diperlukan kerja keras. Pada pemilu mendatang, selain diikuti banyak partai, namun ada lima partai yang mempunyai bekal uang cukup aduhai. Dari lima parpol tersebut, tiga di antaranya adalah parpol lama dan dua lainnya partai baru. “Kita, PAN, adalah partai reformis yang tak banyak mempunyai uang. Namun uang bukan segala-galanya. Masih ada jalan untuk membesarkan partai dengan cara lain. Untuk itu seluruh komponen PAN agar bekerja keras, tingkatkan kerja sama dan terus berjuang,” pesannya. (Can)-z

Posted by Wawan Kurniawan on 17.20. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels