|

Kembalinya Sang Pangeran Persia

(KR-GAME) SALAH satu game dengan seluruh aspek yang nyaris sempurna telah dirilis, judulnya Prince of Persia. Game yang awalnya berupa game DOS ini, mempunyai jutaan penggemar di seluruh dunia. Jadi kehadirannya di bulan Desember ini sangat ditunggu fansnya. Game ini digaransi akan menjadi game terbaik di akhir tahun ini oleh pembuatnya.

Game ini berbeda dengan game-game prince of Persia yang terdahulu. Jadi game ini bercerita tentang seorang pangeran yang terjebak badai pasir saat sedang mencari keledainya. Badai pasir ajaib itu membawa pangeran ke suatu tempat, yang mana di tempat itu kita akan bertemu Elika. Elika adalah wanita cantik penjaga penjara tempat Ahriman sang raja penjahat ditahan. Prince dan Elika akan bertemu saat bersama-sama menjadi saksi kaburnya Ahriman.

Elika akan sangat berguna dalam permainan ini. Dia bisa membantu kita menyerang, membuat kita melompat lebih tinggi, bahkan menolong kita saat akan jatuh. Pengendalian Elika sangat mudah dilakukan, mulai dari loncatan dobel, combat moves, sampai magic dapat dilakukan. Kesempurnaan AI dari Elika ini memang sangat bagus, karena dia selalu di daerah abu-abu, selalu dapat diandalkan untuk membantu, namun tak sampai memimpin kita.

Selain mengendalikan Elika, pekerjaan kita cukup enteng. Akrobat, bermain pedang dan tangan kosong adalah pengendalian yang kita lakukan. Berakrobat dalam game ini jangan dibayangkan akan sulit, karena kita tak perlu menahan tombol maupun memencet tombol berulang-kali. Gamer hanya membutuhkan timing dan irama yang pas untuk menekan tombol saat melompat, memanjat, dan gerakan akrobatik lainnya.

Combat atau pertarungan juga mirip dengan pengendalian saat berakrobat. Button masher dan perasaan menggebu-gebu tak diperlukan disini, yang diperlukan hanya ketenangan dan juga strategi yang jitu. Pertarungan memang cenderung lebih sulit daripada berakrobat, karena itu gamer harus berkepala dingin. Berbicara masalah pertarungan pasti tak jauh-jauh dari combo juga. Prince of Persia mempunyai empat dasar combo.

Basic dari combo adalah pedang, tangan kosong, akrobat dan Elika. Karena itu, kita harus pandai-pandai mengombinasikan basic combo untuk mendapat hasil yang mengagumkan. Semua pertarungannya satu lawan satu, namun itu tak akan mudah sebab di game ini AInya cukup tangguh.
Kadang respons dan agresivitasnya malah lebih dari kita, dan walaupun kadang ada musuh yang diulang, musuh akan tetap seru karena semakin sulit tiap naik level.

Prince of Persia mempunyai empat magic yang bisa diunlock. Tetapi ada dua kelompok saja yang berbeda secara signifikan, sisanya nyaris sama satu sama lain. Sihir merah berfungsi untuk mendorong maju dan sihir biru akan membuat Elika menangkap kita saat jatuh. Sihir lain adalah dash yang berguna untuk mendorong prince naik dinding, sedangkan sihir Flight akan membuat Elika menangkap prince namun lebih spesifik menangkap di udara.

Puzzle juga mewarnai Prince of Persia. Walaupun puzzlenya tak banyak jumlahnya, namun tetap seru untuk dipecahkan. Puzzlenya kebanyakan hanya menyusun plat-plat untuk kemudian membentuk sesuatu. Akan tetapi, ada dua puzzle yang cukup seru dan worth. Pertama adalah saat kita mengubah aliran sungai untuk membuat jalan ke area lain terbuka, lalu yang kedua adalah manipulasi gerbang untuk mendapatkan beberapa plat magis.

Segi grafis dalam game ini cukup luar biasa, sangat artistik. Gambarnya sangat imajinatif dan juga mirip dengan lukisan cat. Empat area dalam game ini tampak sangat indah, karena penggabungan unsur fantasi dan kenyataannya sangat sesuai. Gamer harus berhenti sebentar dan menikmati keindahan alam sekitar, sangat nyata dan indah. Keistimewaan dunia Prince of Persia adalah selalu terlihat dandelion yang melayang-layang setiap saat.

Audionya bagus. Soundtracknya ringan namun enak didengar. Percakapannya biasa saja karena ada beberapa bagian yang tampak dipaksakan, belum lagi suara Prince yang terdengar seperti orang yang kurang percaya dirinya. Over all, game 10 jam main lebih ini tampaknya wajib dimainkan gamer karena nyaris semua unsurnya luar biasa dan sangat ciamik. Gamer akan puas bermain game ini. (BG Wardhana)-o

Posted by Wawan Kurniawan on 15.38. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented