Kumpulkan Seribu Siswa SMP

RADAR JOGJA - BANTUL - Yayasan Bagong Kussudiardja (YBK) kembali melanjutkan Anjangsana, program apresiasi seni dalam bentuk pergelaran karya seni. Penyelenggaraan setiap tahun dilakukan melalui kerjasama dengan seniman profesional.

Kerjasama tersebut ditujukan untuk menciptakan dan mempergelarkan karya seni yang disajikan secara khusus. Tahun ini, YBK menyediakan ruang dan proses pembelajaran yang progresif dan komunikatif kepada anak usia remaja.

"Bukan untuk menikmati hiburan atau kenikmatan estetis semata. Tapi proses pengolahan daya pikir dan kepekaan intuisi bagi proses pertumbuhan dan perkembangan diri," kata Program Director YBK Besar Widodo kepada wartawan di Kediaman Butet Kartaradjasa kemarin.

Kegiatan digelar di Padepokan YBK di Kembaran Tamantirto Kasihan, 20 Desember mendatang. Sekitar 1.000 siswa SMP dari berbagai sekolah di DIJ akan dilibatkan dalam kegiatan bertajuk Edukonser Musik Kua Etnika.

"Usia SMP sengaja dipilih karena mereka dalam masa pencarian untuk menemukan jati diri. Satu fase usia yang kritis terhadap perubahan," terang Eksekutif Director YBK Jeannie Park.

Melalui program Anjangsana, anak-anak diajak memaknai seni melalui proses pembelajaran empiris. Pentolan Kua Etnika Djaduk Feriyanto mengatakan akan bersama 13 musisi Kua Etnikanya mengajak anak-anak melakukan interaksi secara langsung.

Ppelaksanaan tahun ini, YBK bekerjasama dengan Telkomsel. Manager Corporate Communication PT Telkomsel Suryo Hadiyanto mengungkapkan, antara YBK dan Telkomsel mempunyai basis dan garis perjuangan sama di bidang pendidikan. (din)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor