|

Penumpang di Bandara Adisutjipto Melonjak

HARIAN JOGJA - DEPOK: Memasuki libur Hari Natal dan Tahun Baru 2009, jumlah penumpang yang tiba di bandar udara (Bandara) Adisutjipto, Jogja mencapai puncak pada Jumat (26/12) kemarin. Tercatat, sebanyak 5.500 penumpang tiba di Bandara Adisutjipto, kemarin. Asisten Manajer Pelayanan PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Hanad Prayitno mengatakan, sejak Kamis (25/12), kedatangan penumpang dalam satu hari menembus angka 5.000. Sementara, satu hari sebelumnya, jumlah kedatangan penumpang sebanyak 5.388 orang. Pada hari biasa, kedatangan penumpang di bandara itu hanyaberkisar pada angka 4.500. Hanad memprediksi, hingga tahun baru, jumlah penumpang dalam jumlah di atas 5.000 per hari akan terus berdatangan di Bandara Adisutjipto.

“Kami memperkirakan kenaikan jumlah penumpang pada liburan Natal dan Tahun Baru 2009 kali ini akan berlangsung setidaknya selama empat hari mulai kemarin. Kemungkinan banyak yang mengambil libur dari Natal hingga Tahun Baru. Jadi mereka yang berasal dari luar kota akan terus berdatangan ke Jogja,” ujarnya kemarin.
Sementara, dia memperkirakan puncak arus balik melalui Adisutjipto terjadi pada 2 Januari 2009 mendatang. Menurutnya, selama liburan akhir tahun ini, tersedia 43 penerbangan (flight). Jumlah itu lebih banyak daripada penerbangan selama libur akhir tahun lalu. Pada 2007, terdapat 38 flight pada libur Natal dan Tahun Baru.

“Untuk tahun ini sebanyak 43 flight tidak termasuk extra flight [tambahan penerbangan]. Sementara, tahun lalu, sebanyak 38 flight sudah termasuk extra flight. Tahun ini memang tidak ada extra flight. Jumlah 43 flight itu mampu menampung setidaknya 6.000 kursi. Kalau dibandingkan dengan jumlah penumpang terbanyak saat arus mudik, masih tersisa sekitar 500 kursi. Jadi, tidak ada penumpang yang kehabisan kursi,” ungkapnya.

Menurutnya, tambahan flight di Bandara Adisutjipto sudah berlangsung sejak menjelang Idulfitri pada akhir September. Namun, imbuhnya, peningkatan flight sempat berkurang selepas Lebaran dan kembali bertambah saat libur akhir tahun.

“Penambahan flight relatif terjadi sejak Lebaran. Meski sempat menurun, peningkatan kembali terjadi sejak libur Natal. Bahkan, kemungkinan masih ada satu tambahan flight setelah pesawat dari salah satu maskapai siap beroperasi. Sebelumnya kami telah menyetujui penambahan flight namun pesawatnya belum siap,” paparnya. Menurutnya, kebanyakan penumpang yang tiba di Adisutjipto berasal dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng karena bandara itu menjadi pusat lalu lintas udara di Indonesia.

Terpisah, Sales Manager Garuda Indonesia Jogja Sentot Mujiono menambahkan, rute internasional arus kunjungan ke Jogja selama libur akhir tahun juga cukup bagus. Garuda yang menerbangkan kembali rute Jogja-Singapura sejak medio Desember mencatat jumlah penumpang yang tinggi di liburan akhir tahun.

“Sebagian besar adalah wisatawan dari Singapura. Sebagian lagi orang kita yang pulang dari Singapura. Mereka akan kembali ke Singapura 3 Januari 2009,” katanya.
Sebaliknya, penumpang yang bertolak ke Singapura lebih sedikit daripada arus kedatangan. Menurutnya, penumpang yang berangkat ke Singapura rata-rata mencapai 80 persen dari kapasitas penuh Garuda sebanyak 110 kursi.

“Kami berharap rute ini semakin dikenal oleh para wisatawan asing yang berkumpul di Singapura. Sehingga mereka bisa meneruskan perjalanannya ke Jogja. Tapi, kami juga berharap rute ini bisa lebih maksimal dimanfaatkan oleh orang-orang kita sendiri. Dengan begitu, rute ini akan benar-benar mampu mendorong pertumbuhan pasar baik domestik maupun internasional,” katanya.

Oleh Budi Cahyana

Posted by Wawan Kurniawan on 05.38. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels