Qurban Adventure Sebar 155 Kambing

RADAR JOGJA - Belum adanya pemerataan penyaluran daging kurban ke dusun-dusun di pelosok merupakan persoalan tersendiri bagi kaum muslim setiap Hari Raya Kurban. Daging hewan korban yang disembelih pada hari besar itu belum mampu dirasakan mereka yang tinggal di dusun terpencil.
Beberapa dusun tersebut antara lain Dusun Tonogoro dan Dusun Nyemani di Kabupaten Kulonprogo. Selain itu, Dusun Umbulsari di Bantul serta Dusun Ngipik, Dusun Magirejo, dan Dusun Pringombo di Gunungkidul.

Berpijak dari kenyataan ini, Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) DIJ bertekad melakukan pemerataan daging kurban hingga dusun-dusun terpencil yang selama ini tidak pernah terjamah daging kurban. "Kita ingin agar pembagian daging kurban bisa lebih merata," jelas Kepala Cabang PKPU DIJ Suripta yang di dampingi staf Pemberdayaan Masyarakat Anwar Khowatib dan staf Kemitraan Subardi di redaksi Radar Jogja kemarin.

Mewujudkan tekad tersebut, Hari Raya Kurban kali ini PKPU DIJ membuat program Qurban Adventure. "Qurban Adventure adalah program pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di daerah-daerah pelosok dan terpencil agar penduduknya ikut merasakan kebahagiaan menyambut hari raya ini," ujarnya.

Hingga kemarin, Cabang PKPU DIJ sudah menyiapkan 155 ekor kambing dan tiga ekor sapi. Hewan-hewan itu akan disebar ke-10 titik daerah miskin di wilayah DIJ.

Selain bertujuan memeratakan daging kurban di seluruh wilayah DIJ, Suripta mengatakan, program ini juga bertujuan memberikan makna pengorbanan yang lebih mengena kepada individu yang berkurban. "Kami sengaja memilih daerah-daerah yang sulit dijangkau dengan pertimbangan ingin merasakan kebahagiaan bersama-sama dengan mereka," imbuh Subardi. (cw7)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Terekam CCTV, Napi Asimilasi Ini Curi Uang dan Rokok di Pasar Sleman

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir