|

Ribuan Pelamar Tak Hadir

Menjelang Tes, Seorang Peserta Lahirkan Bayi

RADAR JOGJA - BANTUL - Sebanyak 1.655 pelamar tidak mengikuti ujian tertulis calon PNS di Kabupaten Bantul, Minggu (7/12). Hingga tes berlangsung di 26 lokasi, peserta yang datang 6.898 orang.
Kepala Bagian Kepegawaian Pemkab Bantul Maman Permana mengungkapkan, pelamar bidang pendidikan 2.332 orang, kesehatan 1.006 orang dan bidang teknis sebanyak 3.560 peserta.
Panitia sempat menolak seorang peserta tes yang masuk ruangan. Penyebabnya, ada perbedaan mencolok antara foto di kartu dan wajah.

Peristiwa tersebut terjadi di lokasi tes SD Bantul Timur. Kecurigaan petugas semakin bertambah ketika peserta tidak dapat menujukkan identitas KTP dan SIM.
Di foto, peserta memakai kacamata. Namun, yang bersangkutan tidak berkacamata dan bisa membaca jelas. Karena tidak dapat menujukkan identitas asli, peserta yang melamar tenaga pendidikan bahasa Inggris itu tidak dilarang mengikuti tes.

"Namun secara umum, pelaksanaan ujian di Bantul berjalan lancar," kata Maman.
Di Sleman, ratusan peserta tidak hadir mengikuti tes. Pelaksana Tugas Kepala BKD Sleman I Wayan Gundana mengatakan, peserta tes sebanyak 5.358 orang.

Namun, saat memasuki waktu tes, 354 orang tidak mengambil kartu tanda peserta ujian (KTPU). "Kalau dipersentasikan, yang tidak hadir mencapai 23 persen," tambahnya.
Di lokasi tesdi SMPN 3 Sleman, peserta seharusnya berjumlah 403 orang. Namun, hadir 282 orang. Di SDN Denggung Tridadi Sleman, 67 dari 236 peserta, tidak hadir.

Mereka yang tak hadir dinyatakan gugur. Wayan menduga ketidakhadiran peserta karena beberapa faktor. Antara lain, kondisi cuaca buruk dan pelamar mengikuti tes di tempat lain.
Ada peserta difabel bernama Ali Jagat Tanjung yang terpaksa diusung satpam karena tak bias berjalan. Ada pula peserta yang baru saja melahirkan dua jam sebelum tes dimulai.
Namanya Fitri Maulina. Peserta yang tes di SMPN 1 Tempel tersebut melahirkan pukul 06.00 dan langsung ikut ujian pukul 08.00.

Wayang mengatakan, di Korwil VI, tepatnya SD Sumberadi Mlati, terdapat tiga soal yang tidak tercetak. Tetapi persoalan tersebut dapat diatasi panitia dengan mengganti soal baru dari peserta yang tidak hadir. (din/lin)

Posted by Wawan Kurniawan on 16.54. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented