Sabtu, 17 Januari 2009

YOGYA (KR) - Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra) RI, berencana mengucurkan dana Rp 2,4 triliun untuk membeli 778 ribu unit komputer. Komputer itu diperuntukkan bagi siswa SMP/SMA seluruh Indonesia, agar generasi muda Indonesia tak ketinggalan di bidang Informasi Teknologi (IT) dengan negara lain.
“Selain itu, juga untuk menyukseskan program kami yang bernama one for twenty, atau satu komputer untuk 20 orang. Dengan program ini, generasi muda yang mempunyai bakat di bidang animasi bisa memanfaatkan komputer di sekolah yang juga telah dilengkapi dengan software buatan dalam negeri,” ungkap Sekretaris Menko Kesra Prof Dr Ir Indroyono Soesilo MSc, ketika melakukan evaluasi pemanfaatan bantuan komputer dari Kemenko Kesra pada tahun 2008, di SMAN 8 Yogya, Kamis (15/1).

Selain Indroyono juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Propinsi DIY Prof Suwarsih Madya PhD, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Drs Samsury MM, serta perwakilan dari MTsN Yogyakarta, SMAN 1 Bambanglipuro Bantul, MAN Gandekan Bantul dan SDN Pacing Wedi Klaten.
Indroyono mengatakan, pihaknya juga memberikan lima set paket software, Indonesian Go Open Source (IGOS) berbasis Linux, yang merupakan buatan dalam negeri. “Salah satu tujuan kami dalam pengembangan IT, yaitu Indonesia kreatif sehingga bisa mengembangkan ekonomi anak muda yang kreatif, karena pada dasarnya generasi bangsa kita banyak yang mempunyai bakat di bidang IT,” imbuhnya.
Kepala SMAN 8 Yogya Drs Maryana MM dalam laporannya menyatakan, bantuan komputer itu telah dimanfaatkan untuk menunjang pendidikan. “Apalagi di tempat kami sudah mempunyai laboratorium multimedianya, sehingga sangat bermanfaat agar akses internetnya lebih cepat,” akunya. (*-9)-f


EmoticonEmoticon