Minggu, 18 Januari 2009

KR-Yogya. INTREPID Release Party atau lebih dikenal dengan IRP merupakan acara perayaan rilis baru dari Ubuntu Linux. Rilis Ubuntu Linux yang baru dengan nama kode Intrepid Ibex atau Ubuntu 8.10. Di Indonesia IRP ini sudah diselenggarakan di beberapa kota. Untuk di Yogyakarta perayaan IRP diselenggarakan di Teknik Informatika UPN Veteran Yogyakarta, beberapa waktu lalu. Perayaan rilis Ubuntu Linux bertujuan mengenalkan Linux kepada masyarakat secara luas.
Linux saat ini sudah sangat layak digunakan untuk perkantoran. Selain itu Linux juga dikenal sebagai sistem operasi yang andal dan tahan terhadap virus.

Ubuntu Linux sudah dipaket dalam 1 CD yang berisi aplikasi-aplikasi lengkap, seperti pengolah gambar, pengolah kata, manajemen foto/gambar, pengakses internet, dan lain-lain. Ubuntu Linux juga sangat mudah didapatkan dan murah. Bahkan bisa mendapatkan Ubuntu Linux secara gratis dengan memesan ke https://shipit.ubuntu.com.
Masih dalam rangka IRP, digelar acara di kota Wonosobo, belum lama ini, sehingga disebut IRP Wonosobo. Kali ini IRP di Wonosobo dengan tema kampanye penggunaan Ubuntu Linux. Bentuk kampanyenya adalah dengan membagi stiker Ubuntu Linux yang dapat ditempel di notebook atau komputer.

Menurut Dedy Hariyadi, salah satu aktivis Ubuntu Yogya, pembagian stiker secara gratis ini bertujuan mengenalkan kata Ubuntu ke masyarakat luas. Acara ini mulai pukul 06.30 di Alun-alun Wonosobo. Sekitar 250 buah stiker dibagi ke pengunjung Alun-alun Wonosobo. Selain itu juga dilakukan pembagian stiker ke beberapa Warnet sekitar 150 buah. Di Wonosobo warnet yang sudah menggunakan Linux adalah Warnet BINA. Warnet yang terletak di daerah Saudagaran ini dari awal berdiri sudah menggunakan sistem operasi Linux. Linux yang saat ini digunakan adalah Ubuntu.
Menurut informasi beberapa Warnet BINA juga akan dimigrasikan ke BlankOn Linux. BlankOn Linux yang merupakan turunan dari Ubuntu ini diracik oleh anak bangsa yang sangat kreatif. Pengembang BlankOn Linux tidak hanya dari dalam negeri namun juga ada yang bertempat di luar negeri seperti Belanda dan Finlandia. Kebetulan mereka bekerja di perusahaan internasional dan kuliah di luar negeri.
Cukup antusias para pengunjung alun-alun ketika menerima stiker Ubuntu. Ada yang cukup tertarik dengan penggunaan Ubuntu yang bebas virus. Salah satu operator warnet menuturkan para OP (sebutan operator warnet) sebenarnya tertarik menggunakan Linux namun belum ada acara kampanye seperti ini dan pelatihan tentang Linux. “Memang kampanye tentang Linux sangat diharapkan masyarakat. Tidak hanya pengunjung alun-alun dan warnet, pembagian stiker juga disebarkan ke radio-radio,” katanya.(Rsv)-m


EmoticonEmoticon