Kamis, 05 Februari 2009

HARIAN JOGJA: Duta Besar Hongaria untuk Indonesia Mihaly Illes beserta walikota Budapest Gabor Demszki, siang tadi menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kantor Gubernur, Kepatihan Jogja. Mirip kunjungan Duta Besar Norwegia sehari sebelumnya, Dubes dan Walikota Budapest tertarik untuk mempelajari kemungkinan dijalinnya kerjasama dua kota (sister city) lintas negara.

Selain menemui Gubernur untuk berkenalan, Illes dan Demszki sekaligus membicarakan kemungkinan peningkatan kerjasama di antara kedua Negara, khususnya antara Kota Jogja dengan salah satu kota di Hongaria.

Illes dan Demszki juga hendak melakukan perjalanan Wisata di sejumlah obyek wisata di DIY dan Jateng. Sejumlah obyek yang menjadi kunjungan rombongan Dubes Hongaria tersebut adalah Kraton Yogyakarta dan Museum HB IX, Batik Winoto sastro, HS Silver, Candi Prambanan, Candi Borobudur, dan museum Ullen Sentalu di Kaliurang.

Turut serta dalam rombongan Dubes dan Wali kota Budapest Gabor Demszky dan Istri Aniko Nemeth, Direktur Bidang Konservasi Peninggalan Bersejarah Katalin Kiss, Direktur Pengembangan Bidang Usaha Mihlos Nagy dan Kepala Biro Hubungan Internasional Zsolt Merey.

Usai menemui Illes dan rombongan, Sultan mengatakan, kunjungan rombongan itu diarapkan bisa ditindaklanjuti dengan kerjasama sister city antara kota Jogja dengan salah satu kota di Norwegia.

“Beliau [Dubes Hongaria dan Walikota Budapest] berharap pertemuan itu bisa ditindaklanjuti dengan adanya sister city,” kata Sultan.

Hal ini karena belum lama ini, Walikota Jogja telah datang ke Jakarta buat membahas soal adanya sister city itu. (Nugroho Nurcahyo)


EmoticonEmoticon