Kamis, 12 Februari 2009

RADAR JOGJA - Jajaran pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Provinsi DIJ periode 2009-20014 kemarin dilantik. Bertempat di Bangsal Kepatihan Pemprov DIJ, pengurus KONI dibawah kepemimpinan Gusti Prabukusumo diresmikan. Seperti yang diagendakan, pelantikan dilakukan Ketua Umum Koni Pusat Rita Subowo.

Dari 37 pengurus, tiga orang tidak hadir dalam pelantikan ini. Ketiganya adalah Wakil Ketua Putut Wiryawan, Anggota Biro Perencanaan Dana dan Anggaran Edi Susanto dan Komisi Pendidikan dan Penalalaran Drs Sugito. Berdasarkan informasi yang diperoleh, ketidakhadiran ketiganya karena sedang berada di Jakarta.

Selain dari unsur musyawarah pimpinan daerah (muspida) Provinsi DIJU, pelantikan ini juga dihadiri oleh pengurus provinsi cabang olahraga (cabor). Beberapa pengurus periode sebelumnya juga terlihat mengikuti kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Rita mengatakan usai dilantik para pengurus diminta segera melaksanakan tugas. Menjadi pengurus induk organisasi olahraga, menurutnya bukan pekerjaan yang ringan. Karena harus bisa mengayomi seluruh cabang olahraga yang ada. "Jangan pilih kasih. Semua harus dibina," pinta Rita.

Ia berharap, jajaran pengurus baru ini bisa meningkatkan prestasi olahraga di DIJ. Prestasi olahraga diukur dengan perolehan medali pada even pecan olah raga nasional (PON). "Kepengurusan sebelumnya telah berhasil meningkatkan peringkat DIJ dari 16 menjadi tiga belas. Saya harap, pengurus ini nantinya bisa lebih meningkatkan peringkat DIJ untuk bisa masuk 10 besar dalam PON," harapnya.

Selain itu, Rita juga meminta pengurus Koni DIJ melakukan pembinaan olahraga dengan dasar prestasi bukan prestise. Cabor yang berpotensi mendapatkan medali lebih diharapkan lebih diberikan perhatian lebih. "Lakukan juga regenerasi di kalangan atlet dengan melakukan pembatasan umur dalam even kegiatan yang digelar," pintanya.

Sedang Wakil Gubernur DIJ Paku Alam IX berharap para pengurus focus melakukan pembinaan atlet muda. Munculnya atlet muda akan mampu mengangkat prestasi DIJ dikancah nasional. "Saat ini sudah bermunculan atlet olahraga dari DIJ. Diharapkan, kedepan akan muncul kembali atlet-atlet berprestasi dari DIJ," harapnya. (sam)


EmoticonEmoticon