Rabu, 04 Februari 2009

HARIAN JOGJA - SLEMAN: Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada dan PT Swakarsa Sinarsentosa mengembangkan manajemen konservasi biodiversitas guna menghindari terjadinya kerusakan alam akibat dibukanya kebun sawit. Dekan Fakultas Kehutanan UGM Muhammad Na'iem, menjelaskan, kerjasama tersebut mencakup kegiatan seperti inventarisasi flora dan fauna, peningkatan biodiversitas serta peningkatan ilmu pengetahuan dan ecotourism di area konservasi.

“Harapannya tentu akan ada peningkatan biodiversitas di area yang disediakan. Selain itu nantinya juga akan ada areal yang dikembangkan sebagai ecotourism,” jelas Na'iem, siang tadi.

Kerjasama tahap pertama dengan jangka waktu 3 tahun mengkonservasi luas area sebesar 5.000 hektare atau berkisar 10% dari luas keseluruhan. Dari luas lahan itu sebagian masih berupa virgin forest, yaitu sekitar 2.000 – 3.000 hektare.

Ia menambahkan Fakultas Kehutanan yang memiliki tenaga ahli di bidang konservasi biodiversitas ini akan membantu mengimplementasikan kegiatan mulai dari perencanaan hingga rekomendasi.

“Yang pertama kali kita akan lakukan antara lain survei flora dan fauna untuk mendapatkan data biodiversitas hingga pengayaan biodiversitas area konservasi dan penanaman pohon spesies lokal,” katanya. (Nadia Maharani)

1 komentar:


EmoticonEmoticon