|

KPUD Jogja Imbau Kampanye Ramah Lingkungan

HARIAN JOGJA: Komisi Pemilihan Umum Daerah Daerah (KPUD) Kota Jogja mengimbau pengurus partai politik (parpol) peserta pemilihan umum (pemilu) untuk melakukan kampanye ramah lingkungan selama masa kampanye rapat terbuka yang akan dilaksanakan 16 Maret-5 April 2009.

"Kami imbau pengurus parpol berkampanye nonpolutif, misalnya menghindari pawai kendaraan bermotor setelah kampanye rapat terbuka, sehingga tidak menimbulkan polusi," kata anggota KPUD Kota Jogja, Titok Haryanto, pada Jumat (13/3) ini di kantornya.

Menurut dia, imbauan tersebut akan termasuk dalam salah satu klausa deklarasi kampanye damai yang akan dilaksanakan Senin pekan depan di depan rumah dinas Wali Kota Yogyakarta.

Pada deklarasi kampanye damai tersebut, kata Titok, tidak akan ada kampanye dalam bentuk pawai kendaraan bermotor, tetapi para calon anggota legislatif (caleg) dan perwakilan parpol akan berjalan kaki ke daerah pemilihan masing-masing setelah melakukan deklarasi.

"Kampanye tersebut akan diikuti sekitar 650 orang, 525 orang caleg dan dua perwakilan dari masing-masing parpol," ujarnya.

Wali Kota Yogyakarta, Herry Zudianto pada deklarasi tersebut juga akan melakukan penandaan surat suara secara simbolik yang dilanjutkan oleh para caleg dengan menandatangani nama masing-masing di surat suara, sedang perwakilan parpol menandatangani naskah deklarasi parpol.

Sebelumnya, KPU Kota Yogyakarta akan melaksanakan deklarasi kampanye damai dengan berjalan kaki dari Taman Parkir Abu Bakar Ali menuju Alun-Alun Utara, namun rencana tersebut berbenturan dengan rencana deklarasi kampanye damai dari KPU Provinsi DIY.

"Selain itu, konsep yang diusung juga berbeda. KPU Kota Yogyakarta memiliki konsep nonpolutif, sedangkan KPU DIY akan melakukan kampanye dengan kendaraan bermotor," katanya. (Antara)

Posted by Wawan Kurniawan on 14.46. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels