|

PENGURUS HPI DIY DAN DISPARDA ; Komitmen Tingkatkan Kualitas SDM

YOGYA (KR) - Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DIY yang baru saja terpilih, Drs M Andi Mudhi’uddin beserta beberapa pengurus inti melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) DIY. “Kami mendiskusikan beberapa program dan kerja sama antara HPI dengan Disparda DIY,” kata Kepala Disparda DIY, Tazbir SH MHum, kepada KR, Sabtu (28/2), terkait dengan pertemuan dengan HPI, beberapa waktu lalu.

Menurut Tazbir, pramuwisata sebagai ujung tombak pariwisata haruslah memiliki tanggungjawab dan komitmen yang tinggi dalam menjalankan tugasnya sehingga menjadi lebih profesional. Performance dari pramuwisata akan menentukan baik buruknya citra destinasi wisata di mata wisatawan. Untuk itu disepakati bahwa perlu kerja sama dalam hal peningkatan kualitas SDM pramuwisata dan juga pemenuhan kekurangan jumlah guide untuk bahasa tertentu yang dirasa kurang.

Hal lain juga menyangkut posisi pramuwisata sebagai profesi mandiri yang setara dengan pelaku usaha pariwisata lainnya sehingga perlu dijalin komunikasi yang lebih baik lagi antara HPI, pemerintah dan industri pariwisata untuk lebih mengoptimalkan lagi peran dan fungsi pramuwisata dalam memajukan pariwisata DIY. Melalui kerja sama dengan Disparda DIY, diharapkan HPI akan dapat menunjukkan peran yang lebih baik lagi di waktu mendatang.

Diharapkan pengurus baru HPI DIY mampu menjalankan program programnya dengan baik, serta meningkatkan kekompakan organisasi dan juga meningkatkan kesejahteraan para anggota. (Rsv)-f

Posted by Wawan Kurniawan on 18.13. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented