Pindah Lokasi, Pedagang Kirab

RADAR JOGJA - BANTUL - Para pedagang pasar tradisional tak hanya pintar menjual barang, tapi juga pandai menyuguhkan pertunjukan. Kemarin, para pedagang tradisional di Pasar Imogiri unjuk kebolehan dalam kirab budaya. Acara tersebut merupakan serangkaian prosesi kepindahan pedagang dari pasar lama menuju pasar baru.

Dalam arak-arakan tersebut, para pedagang membawa sayur-sayuran seperti kacang panjang, terong, bayem, sawi dan kangkung. Ada juga yang membawa bumbu masak seperti bawang merah, cabai dan bawang putih, daging ayam, pisang dan pakaian.

Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Gatot Suteja mengatakan, Pasar Imogiri baru akan ditempati 1.274 pedagang lama. Sedangkan 311 pedagang baru akan segera dibangunkan los baru April mendatang.

Gatot menjamin seluruh pedagang di pasar lama akan mendapatkan tempat. "Pedagang arahan atau baru untuk sementara menempati pojok-pojok los," katanya kemarin.

Dalam seminggu ke depan, seluruh pedagang langsung pindah menempati los yang telah ditentukan. Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) komisariat Pasar Imogiri Karyono mengatakan, Pasar Imogiri baru diperuntukkan bagi pedagang lama.

"Pedagang tidak dikenai biaya untuk menempati kawasan baru ini," kata Karyono.

Pedagang Misyati mengaku lebih senang berjualan di pasar lama. Sebab di pasar lama ramai pembeli.

"Di sini memang lebih bersih dan nyaman. Tapi kalau sepi pembeli," kata Misyati. (mar)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor