|

PTN Lebih Hargai Kelulusan

HARIAN JOGJA: Rencana Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk lebih mempertimbangkan hasil Ujian Nasional (UN) siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam ujian masuk PTN merupakan salah satu wujud peningkatan penghargaan pada kelulusan. "Ini membuktikan bahwa PTN lebih menghargai kelulusan dan siswa tidak akan lagi direpotkan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja Syamsury pada Rabu (11/3) hari ini. Menurut dia, rencana itu juga akan memudahkan siswa karena tidak harus mengulang kembali mata pelajaran yang telah diujikan di UN untuk bisa masuk ke salah satu PTN.

"Biasanya materi yang diujikan di UN juga sama dengan materi yang diujikan dalam ujian masuk PTN," katanya.

Sebagai langkah awal menuju pelaksanaan rencana yang akan dilakukan dalam dua atau tiga tahun mendatang tersebut, PTN kemudian dilibatkan lebih jauh dalam pelaksanaan UN.

Pada UN 2009, PTN mendapat kewenangan untuk melakukan pengawasan dan mengoreksi secara langsung Lembar Jawaban Komputer (LJK) hasil UN siswa SMA dan Madrasah Aliyah (MA) setelah sebelumnya hasil UN siswa SMA/MA selalu dikoreksi oleh Dinas Pendidikan Provinsi.

Dengan langkah tersebut, diharapkan PTN lebih yakin pada keabsahan hasil UN karena turut dalam pengawasan dan koreksi.

Di DIY, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ditunjuk sebagai koordinator PTN yang akan melakukan koreksi LJK sekaligus pengawasan di lapangan.

UNY akan menggandeng dua PTN lain yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.

UN untuk siswa SMA/SMK/MA akan dilakukan pada 20-24 April dengan enam mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika.

Untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mendapat tambahan fisika, kimia, dan biologi, sedang untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah geografi, sosiologi, dan ekonomi. (Antara)

Posted by Wawan Kurniawan on 19.33. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels