|

Terban Disulap Jadi Taman Terbuka

RADAR JOGJA - Sejumlah aset Pemkot Jogja yang selama ini mangkrak, bakal dioptimalkan. Optimalisasi aset itu dilakukan dengan mengubah fungsi aset tersebut. Setelah bekas Terminal Umbulharjo dijadikan Pasar Seni Kerajinan (PSK), kali ini gantian bekas Sub-Terminal Terban yang digarap.

''Kami akan jadi kawasan Terban sebagai Taman Terbuka,'' ungkap Wali Kota Herry Zudianto usai menghadiri Milad Ke-28 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kemarin (23/3).

Didampingi Tenaga Ahli Bidang Aset Syauki Soeratno, Herry menjelaskan, luas total Taman Terbuka itu mencapai 4.000 meter persegi. Cakupannya meliputi bekas Sub-Terminal Terban dan Pasar Terban.

Awalnya, wali kota merancang pembenahan kawasan Terban diadakan tahun ini. Tapi karena menumpuknya agenda pemkot, seperti pengambilalihan pengelolaan Terminal Giwangan dan PSK, rencana itu terpaksa ditangguhkan. ''Kami realisasikan 2010,'' katanya.

Tahun ini, Herry mengaku lebih memprioritaskan pembangunan PSK. Ia yakin, dengan selesainya PSK akan mampu lebih menggerakan roda ekonomi Jogja Selatan. ''Jogja Selatan kalau tidak digerakkan, sektor ekonominya bisa terancam. Bahkan bisa makin tertinggal dari Jogja Utara,'' terangnya.

Kembali soal gagasan Taman Terbuka, Kang Herry mengatakan, kelak akan dijadikan sarana layanan ruang publik bagi masyarakat. Di lokasi akan dilengkapi fasilitas hot spot, tempat olahraga, dan panggung terbuka. Taman itu juga punya keterkaitan dengan wisata Kali Code. Pemkot lanjut Kang Herry, saat ini juga sibuk membersihkan Kali Code dari sampah. ''Kita buat jaringan pembersih dari atas di daerah perbatasan dengan Kabupaten Sleman,'' tuturnya.

Berbeda dengan Taman Pintar yang difokuskan untuk anak-anak, Taman Terbuka itu akan mengarah pada segmen pelajar dan mahasiswa. ''Kita rancang anggarannya Rp 7 miliar,'' papar suami Dyah Suminar ini.

Dana pembangunan Taman Terbuka kelak sepenuhnya dibiayai dengan APBD Kota Jogja. Keberdaan Taman Terbuka ini juga makin melengkapi fasilitas ruang publik yang disediakan pemkot. Tahun 2009 ini pemkot baru saja mengucurkan bantuan Rp 800 juta untuk pembangunan taman bermain arena BMX di Kebun Binatang Gembira Loka. Selain itu, setiap tahun pemkot juga mengadakan pembebasan tanah milik warga yang dipakai untuk ruang publik dan prasarana olahraga. (kus)

Posted by Wawan Kurniawan on 06.18. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented