|

Tips Ber-Facebook

SEMAKIN hari semakin banyak orang bergabung ke Facebook atau sering disingkat FB saja. Baru beberapa tahun lalu dunia internet diramaikan oleh munculnya blog yang lebih komunikatif dibanding website atau portal, namun kini blog mulai tersaingi oleh Facebook.

Beberapa alasan mengapa Facebook dapat menyaingi blog adalah sebagai berikut. Pertama, membuat FB jauh lebih praktis, karena hanya mengisi nama pribadi, alamat e-mail, password, dan kode konfirmasi. Sedangkan blog mengharuskan kita memilih alamat unik, yang tidak boleh ada kembarannya. Apabila nama anda adalah nama yang banyak dipakai orang, maka biasanya sudah dipakai sebagai alamat blog oleh orang yang namanya sama dengan anda, sehingga anda terpaksa harus memakai nama lain, misalnya dari nama Ari menjadi OmAri.

Kedua, dengan FB, anda tidak perlu membuat artikel panjang-panjang. Bahkan cukup menuliskan satu kalimat pendek yang menceritakan perasaan hati atau pekerjaan di FB, seseorang bisa menulis statusnya beberapa kali dalam sehari.
Ketiga, FB bersifat eksklusif tapi terbuka, sedang blog sebaliknya. Untuk dapat berkomunikasi di FB, seseorang harus memohon dulu kepada calon temannya, kalau diterima, dapat saling melihat data profilnya. Masyarakat umum tidak dapat melihat data seseorang di FB. Namun setelah memiliki banyak kenalan, informasi seorang pemilik akun FB dapat dilihat oleh semua temannya di FB juga. Sementara itu kalau blog, seorang pengunjung harus tahu alamat blog seseorang agar dapat bertemu. Meskipun bersifat terbuka, tetapi blog lebih terbatas pengunjungnya.
Keempat, FB hanya terdiri satu alamat saja, sehingga mudah dicari dan dihafalkan. Kalaupun ada situs-situs jejaring sosial lainnya seperti Friendster, Twitter, dsb, saat ini FB lebih dikenal dan menjadi mode. Kalau bertemu teman baru atau kawan lama, seseorang akan menanyakan: “Anda sudah punya FB belum?” Kalau jawabannya sudah, tidak diperlukan lagi bertukar kartu nama, karena nanti tinggal dicari namanya di FB dan data lengkap termasuk foto-fotonya ada di sana.
Kelima, tokoh-tokoh terkenal yang sibuk pun sekarang sudah bergabung ke FB. Mereka selalu memperbarui status. Bahkan banyak di antara mereka yang bersedia diajak berteman oleh orang biasa seperti kita ini.
Etika ber-Facebook
Meskipun di dunia maya tidak ada polisi atau pengawasnya, namun ada beberapa hal yang perlu diketahui, agar anda tidak dinilai aneh atau bahkan keliru. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, tuliskan nama anda dengan benar. Mengapa? Karena relasi anda yang baru bergabung ke FB, akan mencari nama asli anda, bukan nama panggilan seperti Gombloh, Gepeng, atau Genthong.
Kedua, pasanglah foto anda sebagai foto profil, agar handai-taulan mengenali wajah anda. Mereka tidak dapat melihat data profil anda sebelum berkenalan, sehingga jangan merasa yakin teman-teman anda pasti tahu. Saat ini masih banyak pengguna FB yang tidak memasang foto wajahnya, atau malah memasang foto benda-benda kesayangannya,
Ketiga, isilah data profil anda selengkap-lengkapnya. Data ini oleh FB akan dicocokkan dengan pengguna FB lainnya. Kalau ada data yang sama, misalnya sama-sama dari SD Negeri 1 Yogyakarta, FB akan mengusulkannya kepada anda untuk berteman.
Keempat, untuk membentuk grup yang terdiri atas orang-orang sehobi atau sejaringan, gunakan fasilitas grup, jangan membuat nama grup sebagai nama orang. Misalnya anda ingin membentuk grup Ponari Fans Club, maka gunakan fasilitas grup, lalu undanglah teman-teman yang kira-kira berminat.
Kelima, berhati-hatilah memakai FB melalui komputer publik seperti di warnet, kantor, kampus, dan sebagainya. Anda harus menghindari pemakaian login otomatis dan matikan fasilitas Remember me atau Ingat saya.
Keenam, jangan terlalu banyak mengundang orang sebagai teman anda, karena FB membatasi anda hanya boleh mengundang 50 orang teman baru. Namun kalau anda diundang oleh orang lain untuk bergabung dengan akun mereka, anda tidak dibatasi oleh FB. Bila melebihi jumlah ini, akun anda akan ditutup langsung oleh pengelola FB dan anda tidak dapat berbuat apa-apa selain membuat akun baru dari nol lagi. Ketujuh, berhati-hatilah memuat gambar, foto, cerita, dan berbagai item yang ada hak ciptanya. Kalau pengunjung lain tahu dan melaporkannya ke pengelola FB, dan itu cukup dengan mengklik satu kali mouse saja, maka akun anda juga akan segera di-suspend atau ditahan sementara, atau bisa juga ditutup selamanya.
Ingat FB Ingat Kerja
Meskipun sekarang FB sudah merajalela, namun jangan banyak bermain-main FB di kantor anda. Saat ini lagi ada krisis ekonomi, jalannya perusahaan anda mungkin sedang susah, karena penjualan turun. Kondisi ini jangan diperparah dengan banyak bermain FB di kantor memakai fasilitas kantor lagi. Selain itu, semoga para caleg terpilih nantinya juga tidak minta dibelikan FB ya, karena kan gratis?
(Wing Wahyu Winarno)-m

Posted by Wawan Kurniawan on 22.48. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented