|

42 Siswa Tak Ikut Unas

Lembar Jawaban SMK Tak Lengkap
KULONPROGO - Sebanyak 42 siswa SMA dan SMK di Kulonprogo tidak mengikuti ujian nasional hari pertama kemarin. Berdasarkan data yang dikeluarkan Dinas Pendidikan, peserta unas SMA sebanyak 2.041 siswa, SMK 3.150 siswa. Rinciannya, delapan siswa SMA tidak hadir karena yang bersangkutan telah bekerja. Delapan pelajar ini merupakan siswa yang tidak lulus tahun lalu. Sekarang terdaftar sebagai peserta unas.

Peserta unas SMK yang tidak hadir 34 siswa. Penyebabnya, mereka siswa yang tidak lulus pada unas 2008. Ketua Subrayon Bidang Bisnis Manajemen Rumawal mengatakan, pelajar yang tidak mengikuti unas adalah siswa yang mengulang. Siswa bersangkutan telah mendapatkan pekerjaan, sehingga tidak bisa mengikuti ujian tahun ini.

"Untuk subrayon kami, ada 24 siswa dari lima sekolah yang tidak mengikuti unas. Yakni, SMK 1 Samigaluh, SMK Bopkri, SMK Maarif 1 Wates, SMK Taman Siswa Nanggulan dan SMK YPKK 1 Wates," terang Rumawal yang juga Kepsek SMK 1 Pengasih.

Unas hari pertama di Kulonprogo juga diwarnai kekurangan lembar jawaban untuk siswa SMK. Kekurangan 110 lembar jawaban ini terjadi di Subrayon Bidang Teknologi. Ketua Subrayon Bidang Teknologi Syamsul Bachri Djumasa mengakui kurangnya lembar jawaban unas hari pertama.

"Namun untuk 50 lembar jawaban sudah dimintakan ke percetakan, sehingga siswa bisa melaksanakan ujian," ujarnya. Sisanya 60 lembar jawaban telah dimintakan ke Dinas Pendidikan Provinsi. Kendati ada beberapa persoalan, pelaksanaan unas berlangsung lancar. Siswa yang membawa handphone diminta meninggalkan di luar ruangan.

"Kita menjamin keamanan tas dan barang-barang bawaan murid-murid kami. Jadi mereka tidak perlu khawatir," imbuh Kepsek SMA 1 Sentolo Marsudi Raharjo. Novita, siswa jurusan IPA SMA I Wates ini mengaku tidak kesulitan mengerjakan soal-soal. "Syukur tadi bisa mengerjakan," katanya. Unas di Bantul diikuti 7.992 siswa dari 72 sekolah. Peserta unas dari SMA/MA 4.968 siswa, SMK 3.024 siswa.

Ketua Pokja I Isdarmoko menjelaskan soal unas yang diterima dibagi dalam dua amplop. Amplop besar berisi 129 soal, dan amplop kecil 27 soal. (ila/mar)

Posted by Wawan Kurniawan on 03.06. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented