|

PERLU DIJADIKAN PRIORITAS PEMBANGUNAN ; Budidaya Perikanan Lebih Produktif

NANGGULAN (KR) - Budidaya perikanan di wilayah pedesaan terbukti mempunyai dampak sangat positif bagi masyarakat. Selain mampu membuka lapangan pekerjaan baru, budidaya perikanan juga berdampak munculnya lahan-lahan produktif dan bernilai ekonomis lebih tinggi. Karena itu diharapkan, budidaya perikanan akan menjadi salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Kulonprogo.
Anggota Kelompok Budidaya Ikan ‘Mina Karya Abadi’ di Karangwetan Desa Donomulyo Kecamatan Nanggulan, Solikin mengungkapkan hal itu, Selasa (7/4), di sela pengecekan kolam-kolam ikan milik kelompok tersebut.

“Melihat potensi sumber daya alamnya, Desa Donomulyo sangat memungkinkan dijadikan kampung lele. Untuk itu diharapkan pemerintah memberikan fasilitas pelatihan perikanan, karena keberhasilan budidaya perikanan sangat ditentukan oleh pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman sumberdaya manusianya,” tegas Solikin.
Menurutnya, kegiatan perikanan tersebut mendapat dukungan pembinaan dan dana pengembangan dari Sumardi SH, anggota DPRD Kabupaten Kulonprogo. Selain di Karangwetan, saat ini budidaya perikanan di Kecamatan Nanggulan juga telah berkembang melalui Kelompok Argo Mino di Dengok Tanjungharjo, Kelompok Guyub Rukun di Dukuh Wijimulyo, dan Mina Manunggal di Penjalin Donomulyo.
“Di daerah ini memang masih banyak lahan nganggur dan memungkinkan dibuat kolam-kolam perikanan. Selama ini sudah terbukti bahwa hasil dari perikanan ternyata lebih tinggi dibanding hasil dari budidaya tanaman,” tandas Solikin.
Disebutkan, ‘Mina Karya Abadi’ berdiri tahun 2007 lalu dengan jumlah anggota 23 orang, diketuai oleh Pujiantoro. Saat ini, kelompok tersebut sudah memiliki 10 kolam. Sejak Juni 2008 lalu sudah tiga kali panen, dan panen terakhir mencapai 3,5 kuintal ikan konsumsi.
Karena hasilnya sangat positif, dalam waktu dekat ini akan dibuat kolam-kolam baru untuk mengembangkan budidaya perikanan. (Her)-z

Posted by Wawan Kurniawan on 18.43. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented