|

PKS DAN PARTAI DEMOKRAT OPTIMIS ; Golkar Yakin Masuk Dua Besar

WONOSARI (KR) - Sebagai partai pemenang Pemilu 2004, Partai Golkar masih optimis masuk dua besar dalam perolehan kursi DPRD Gunungkidul. Meski dalam perhitungan sementara KPU pada urutan ketiga, tetapi suara yang masuk masih terlalu kecil. Pada hasil akhir nanti Partai Golkar dimungkinkan akan merangsek ke peringkat kedua.
Demikian disampaikan Ketua DPD Partai Golkar Gunungkidul Slamet SPd MM didampingi sekretarisnya Marsiyono menjawab pertanyaan KR, Jumat (10/4). Saat ini proses rekapitulasi jumlah suara masih berlangsung sehingga angka yang masuk belum signifikan. "Kami akui kompetisi dalam meraih kursi legislatif dalam Pemilu 2009 ini memang cukup berat," katanya.

Optimisme serupa juga dikemukakan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Gunungkidul Arif Wibowo SPd. Dari hasil sementara yang dapat dihimpun, dari semua daerah pemilihan (dapil) nyaris tidak ada partai yang meraih suara secara dominan. Perolehan suara antara caleg dan juga partai hampir rata-rata. Jikapun terjadi selisih, jumlahnya tidak banyak. "Kami optimis perolehan suara Pemilu Legislatif 2009 ini tetap akan memperoleh satu fraksi di DPRD," katanya.

Di bagian lain Ketua PKS mengeluhkan perlakuan yang kurang baik oleh sebagian Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di dua dapil, masing-masing dapil empat dan lima. Di dua dapil itu tidak diberikan sertifikat C dan C 1 kepada saksi. Padahal dalam ketentuan KPPS berkewajiban untuk memberikan kepada para saksi. Mereka memang beralasan tidak dapat memberikan karena mengaku kelelahan. Tetapi alasan tersebut jelas tidak dapat diterima.

"Di dapil lima KPPS satu kecamatan hampir semuanya tidak memberikan sertifikat C dan C 1. Sehingga para saksi tidak mempunyai berita acara perhitungan secara resmi," jelasnya.

Dalam kesempatan terpisah, Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Gunungkidul H Suhardono SSos MSi juga mengaku pertarungan pada Pemilu 2009 memang cukup ketat. Namun, meski tahun 2004 PD tidak memperoleh kursi, pada Pemilu 2009 ini tiap dapil akan mempunyai satu wakilnya. Sehingga PD diharapkan minimal mempunyai 5 kursi di DPRD Gunungkidul. (Ewi)-z

Posted by Wawan Kurniawan on 08.40. Filed under , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented