|

Suasana Pantai Saat Liburan


Pantai dan Kuliner Jadi Primadona Wisatawan
Tiap liburan panjang, tempat wisata di DIJ selalu dipadati pengunjung tak terkecuali pusat kuliner yang ada di Pantai Dempok dan Parangtritis. Berikut penuturan para wisataran pemburu kuliner.
Kamis (9/4) rakyat Indonesia sedang merayakan pesta demokrasi, di hari itulah para pemilih mulai berlibur usai menggunakan hak pilihnya di TPS masing-masing. Bagi yang ingin mendapatkan suasana baru, usai menyontreng bersama anggota keluarga dan kerabat dekat langsung meluncur tempat wisata yang menjadi kota tujuan.

Edi Sumandar, salah seorang wisatawan asal Solo mengaku usai menggunakan hal pilihnya langsung berangkat ke Jogja bersama anggota keluarganya. "Ya mumpung liburan panjang jadi bersama keluarga memutuskan berwisata ke sini," jelas Edi saat ditemui di Pantai Parangtritis Bantul kemarin (11/4).

Edi menjelaskan alasannya memilih Parangtritis karena pingin tahu secara langsung keindahan pantai parangtritis yang sudah terkenal. Setelah berkunjung ke Parangtritis, Edi berniat ke Pantai Depok untuk mencicipi kuliner khas pesisir. "Nanti mau pesan kepiting, katanya enak dan murah," terangnya.

Sejak Kamis (9/4) lalu kawasan wisata pantai di Bantul Parangtritis dan Depok memang ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Selain menikmati pemandangan pantai, para wisatawan juga menikmati wisata kuliner yang memang tersediakan oleh penduduk pantai.

Dari pantauan koran ini, Kamis siang (9/4) jumlah pengunjung yang datang ke dua kawasan pantai itu tercatat sejumlah 7551 orang. "Data itu terekam dari total penjualan tiket masuk melalui TPR Parangtritis," ungkap kordinator petugas TPR Hariyanto kemarin.

Hariyanto menambahkan berdasarkan pengalaman tiap akhir pekan pengunjung semakin banyak, bahkan mencapai 5.000 orang untuk satu shift yaitu dari pagi hingga siang. Jika pengunjung turun lebih dikarenakan hari lbur sangat pendek.

Di Pantai Depok, para pengunjung menuturkan selain menikmati pantai mereka juga ingin menikmati ikan bakar yang disediakan oleh warung-warung makan di Pantai Depok. Tak hanya membeli dari pedagang yang berjualan di tempat penjualan ikan (TPI), mereka juga membawa ikan yang masih segar untuk dimasak di rumah.

"Tiap Jumat jumlah pengunjung turun, karena waktunya yang pendek. Para pengunjung yang datang kalau Sabtu dan Minggu biasanya dari luar kota," tutur Titis, salah satu pemilik warung.

Titis menjelaskan kemungkinan hari Minggu besok (hari ini) kawasan pantai Depok lebih ramai. Sebab, hari ini tidak semua bisa menikmati liburan karena waktunya kurang dan besok siswa yang harus bersekolah. "Minggu besok bisa dipastikan akan banyak wisatawan yang datang dari luar kota," tambahnya. ***

AHMAD RIYADI, Jogja

Posted by Wawan Kurniawan on 06.04. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented