|

Sultan Imbau Masyarakat Tidak Golput

HARIAN JOGJA: Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau agar masyarakat DIY menggunakan hak pilihnya dengan baik dan tidak golput pada saat pemungutan suara pemilihan umum (Pemilu) legislatif dan dewan perwakilan daerah (DPD), 9 April mendatang.

"Kepada warga Jogja termasuk yang menjadi saksi, pada waktu penghitungan suara hendaknya mencermati secara baik tanpa berprasangka buruk," kata Sri Sultan HB X kepada wartawan di halaman kantor gubernuran Kepatihan Yogyakarta,Selasa (7/4).

Ia mengimbau pula kepada tenaga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) agar berhati-hati , dan mencermati setiap lembar surat suara serta di dalam memberikan informasi dalam pencontrengan secara benar agar warga tidak keliru, sehingga tidak menimbulkan ketidakpercayaan dari masyarakat.

Sedangkan kepada partai politik (parpol) peserta pemilihan umum (Pemilu) agar mengawal pelaksanaan Pemilu Legislatif 2009 dan saat memantau hasil Pemilu diminta tetap dalam konteks untuk mewujudkan suasana kondusif.

"Kalau memang ada hal-hal yang kurang berkenan diminta agar menyelesaikan sesuai dengan ketentuan Undang-undang dan menempuh secara prosedural. Yang penting tidak menumbuhkan stabilitas politik menjadi terganggu,"kata Sultan HB X.

Ia juga meminta agar para caleg yang kalah tetap `legowo`, karena di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) sudah ada saksinya.Hasil pemungutan suara yang diumumkan kemudian sudah maksimal karenanya mereka harus bisa menerima hasilnya dengan `legowo`.

"Saya minta para caleg untuk `legowo` dan yang menang juga tidak boleh sombong, sebab kemenangan itu merupakan awal amanah yang harus mereka penuhi untuk mengabdi sesuai dengan janji sewaktu kampanye," katanya. (Antara)

Posted by Wawan Kurniawan on 16.16. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels