|

USD Wisuda 746 Mahasiswa

DEPOK: Universitas Snata Dharma (USD) Yogyakarta mewisuda 746 mahasiswa. Dari jumlah itu, 532 wisudawan mengikuti wisuda pada Sabtu (25/4) pagi tadi di kampus III USD Paingan, Maguwoharjo. Pelepasan wisuda dilakukan oleh Rektor USD P. Wiryono Priyotamtama, SJ.
Wisudawan dengan predikat cumlaude antara lain Yohanes Alis Windu Prasetyo dari program pasca sarjana magister Theolgi dengan Indeks prestasi (IP) 4.00. Kurnia Martikasari dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan prodi Pendidikan Ekonomi dengan IP: 3.92, Jun Tshoi (Manajemen) IP: 3.93, Darwin Awat (Prodi Ilmu Sejarah) IP: 3,84. Ferika Adhe Krismawan (Prodi Teknik Elektro) IP: 3,93. Brigita Natalia Desi Hapsari(Fak. Farmasi), IP: 3,87. Betty Setika Purnaningrum (Psikologi), IP: 3,76. Selain itu, jenjang D2 PGSD, Alexander Bambang Hurhadi dengan IP: 3,48, serta Samsonsius Petrus Kono dengan IP: 3,47.

Dalam sambutannya, rektor Universitas Sanat Dharma, P. Wiryono Priyotamtama mengatakan jumlah lulusan tiap tahun di USD tidak sebanyak lulusan tahun-tahun sebelumnya. Jumlah lulusan setiap tahun telah mampu mendekati jumlah mahasiswa baru yang masuk pada tahun bersamaan, akibatnya jumlah total mahasiswa di USD cenderung stabil.

Wiryono berharap semakin banyaknya program studi yang ada kurang dari 3 bulan. pada tahun 2009 ini ditargetkan 20% dari total jumlah program studi di USD atau sebanyak 5 program studi mampu membekali lulusannya, sehingga masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan tidak lebih dari tiga bulan. Wiryono juga berpesan kepada para wisudawan untuk mampu bersaing di era globalisasi.

“Tantangan eksternal terkait dengan target ini sangatlah besar. Krisis ekonomi global, meningkatnya jumlah pengangguran, kompetisi antara perguruan tinggi yang sangat ketat, tuntutan penguasaan pasar berbagai macam softskill dan lain-lain,” kata Rektor USD.

Wiryono menambahkan, USD dengan reputasi yang dimiliki, diharapkan mampu menghadapi tantangn tersebut. Menurutnya, ada dua strategi yang harus dilakukan, yaitu strategi peningkatan kualitas pembelajaran dan strategi peningkatan efisiensi eksternal melalui ekstensifikasi jejaring dengan pihak luar, peningkatan relevansi kurikulum, pengembangan soft-skills mahasiswa, dan pembelajaran alumni.

Wiryono juga memberikan pesan agar wisudawan lebih percaya diri dalam meraih cita. “ Percayalah bahwa dengan memiliki hasrat besar ingin mengabdi kepada masyarakat, and aakan mendapatkan jalan menuju kepenuhan cita-cita di dunia ini secara mudah,” pesannya kepada ratusan wisudawan. (Rasno A Shobirin).

Posted by Wawan Kurniawan on 23.46. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels