|

Depdiknas Dorong Internasionalisasi PT

DEPOK: Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) menganggarkan dana milyaran rupiah untuk mendukung internasionalisasi perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia pada 2009 ini. Dana itu diberikan kepada 17 PTN sesuai dengan program yang diajukan. ”Untuk Universitas Gadjah Mada (UGM) diberikan Rp 70 miliar untuk internasionalisasi baik pengiriman dosen maupun program lain,” kata Fasli Djalal, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas di UGM, Rabu (20/5).

Selama ini, kata dia baru 3 PTN yang telah masuk dalam peringkat perguruan tinggi di dunia. Ketiga PTN itu adalah UGM, ITB (Institut Teknologi Bandung) dan UI (Universitas Indonesia). Setelah itu disusul empat PTN lain yang masuk peringkat 500 besar perguruan tinggi di dunia yaitu Institut Pertanian Bogor, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro dan Universitas Brawijaya.

Selain tujuh PTN tersebut, pihak Departemen menargetkan sepuluh PTN lain yang akan melakukan internasionalisasi antara lain antara lain, Universitas Padjajaran, Universitas Hasanuddin, Universitas Sumatera Utara dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Selain memberikan dana internasionalisasi ke perguruan tinggi, dalam program tersebut Depdiknas juga menyiapkan dana untuk pengembangan penelitian baik mahasiswa maupun dosen. Untuk penelitian mahasiswa Depdiknas menyiapkan dana Rp 500 juta/tahun, sedangkan untuk pengembangan bakat dan minat sebesar Rp 1 Miliar dan beberapa dana lainnya.

”Kami tidak mematok pergurusan tinggi harus go internasional, yang penting bagaimana perguruan tinggi itu menjawab berbagai permasalahan dan kebutuhan bangsa ini,” kata Fasli. (Rasno A Shobirin)

Posted by Wawan Kurniawan on 04.18. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels