|

Jogja Tuan Rumah FLS2N 2009

RADAR JOGJA - Jogjakarta menjadi tuan rumah Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2009. Kegiatan tahunan ini akan digelar mulai 1-5 Juni mendatang dan diikuti sekitar 2.212 peserta mulai tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK, dan SLB dari seluruh tanah air. Sejumlah siswa sekolah Indonesia di luar negeri dipastikan juga ikut ambil bagian.

Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo dijadwalkan akan membuka kegiatan ini di GOR UNY. Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga (Dinas Dikpora) Provinsi DIJ Prof Suwarsih Madya PhD, kegiatan ini bertujuan membina dan meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni dan sastra. Khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.

"Tentu saja guna mengembangkan sikap kompetitif dan juga seabagai wahana kompetensi dalam mengembangkan minat dan talenta yang dimiliki anak-anak," terang dia di Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga di Jalan Cendana kemarin (30/5).

Dikatakannya, lomba dan festival yang akan dilakukan antara lain seni lukis, menyanyi, kerajinan, mengarang untuk tingkat TK- SD. Untuk tingkat SMP berupa seni kriya, vocal group, story telling, musik, tari dan lain-lain. Untuk SMA lomba poster, puisi, tari kreasi, seni kriya dan lain-lain.

"Sedangkan untuk SMK, berupa teater, karawitan, musik, pedalangan, tari, desain, serta festival film, khususnya film pendek," tambahnya. Sejumlah lomba seperti seni, desain, dan festival pantomin juga dilombakan untuk katergori siswa SLB.

Para peserta, tambah Kepala Bidang Renstradari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Provinsi DIJ K Baskara Aji, akan ditempatkan di sejumlah lokasi sesuai dengan tingkat pendidikannya. Untuk TK-SD lomba dan menginap di Hotel Garage (Malioboro) dan Hotel Sejahtera (Demangan). Untuk SMP lomba digelar di Kampus ISI, SMA di P4TK Sleman dan SMAN 3 Jogja. Untuk SMK di SMKN 1,2, dan 3 Kasihan, Taman Budaya dan Beteng Vrederburg. Sedangkan untuk siswa SLB di Hotel Matahari.

Menilik potensi yang dimiliki siswa-siswa Jogjakarta, Baskara optimistis jika mereka akan bisa berprestasi maksimal dalam kegiatan tahunan ini."Karena itulah, kami meminta dukungan semua masyarakat Jogja untuk bisa memberikan support sekaligus menghadiri semua rangkaian kegiatan yang dilakukan di beberapa venue," harapnya.(din)

Posted by Wawan Kurniawan on 03.46. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented