|

Pelajar SMA Ikuti 'Robofest 2009'

HARIAN JOGJA: Pameran dan Kontes Robot "Robofest 2009" yang digelar mulai kemarin (12/5) di Gedung Grha Sabha Pramana UGM akan berakhir pukul 21.00 WIB malam ini. Acara itu diikuti pula para pelajar dari SMA 3 dan SMA 1 Jogja.
Konsep robot yang ditampilkan kedua SMA itu adalah robot line follower atau robot yang mengikuti garis lintasan.

Siswa kelas II SMA 3, Yohanes Purbanta Soerya mengatakan lintasan yang dilalui oleh robot line follower sengaja dibuat dengan persimpangan. Menurutnya, tingkat kesulitan yang cukup tinggi dalam lintasan menjadi ujian dari seberapa bagus gerak robot line follower dalam melewati rintangan.

"Ada tiga lintasan yang kami sediakan, salah satunya lintasan dengan lambang SMA 3. Lintasan terbuat dari selotip dengan warna berbeda karena masing-masing warna intensitas pantul dari permukaan lantai ke sensor inframerah yang mempengaruhi gerak robot juga berbeda,"katanya.

Sama halnya robot karya SMA 1. Damar Ramadhan, siswa SMA 1 Jogja mengatakan, beberapa perangkat dibutuhkan dalam membuat robot line follower seperti LCD, Blok Mikro, Driver, dan Sensor. Selain itu, robot diuji gerakannya dalam sebuah lintasan berisi garis start, palang rintangan, tanjakan, dan finish."Untuk mempersiapkan robot dalam pameran ini kami membutuhkan waktu sekitar dua minggu lebih,"katanya.

Hasil dari kreativitas para siswa dalam merakit robot di kegiatan ekstrakurikuler robotik di sekolah ditunjukkan dalam pameran ini dengan membawa piala-piala kemenangan yang pernah diraih dalam berbagai kompetisi robot. (Rosa Forgie)

Posted by Wawan Kurniawan on 05.29. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented