|

Terapkan Terapi Al-Qur'an Untuk Anak Autis

SLEMAN- Anak yang lahir berkebutuhan khusus jangan diperlakukan seperti kebanyakan bocah pada umumnya. Misalnya anak autis yang sangat hiperaktif. Anak autis biasanya susah bersosialisasi dan seakan asyik dengan dunianya sendiri. Bagaimana cara mengasuh anak-anak hiperaktif ini?

Sekolah Khusus sekaligus Lembaga Terapi Autisma dan Hiperaktif "Mutiara Qur'ani" Yayasan Taruna Al Qur'an melakukan pelatihan pada sekitar 71 orang yang terdiri dari mahasiswa, guru, pemerhati anak dan umum dalam penanganan anak autis.

Ketua "Mutiara Qur'ani" Sri Kushartati mengatakan akan menerapkan terapi Al' Qur'an pada anak-anak autis yang ada di lembaga yang dipimpinnya. Baik calon siswa baru atau anak-anak yang saat ini resmi menempuh pendidikan di Mutiara Qur'ani. "Terapi dilakukan tiap pagi dan sore dengan memperdengarkan ayat-ayat Al Qur'an kepada siswa autis. Teknik inilah yang kami sampaikan pada peserta pelatihan," papar Sri ditemui di kantornya Jl Lempongsari No 48 Ngaglik, Sleman, kemarin (9/5). Berdasarkan pengalaman beberapa ahli, kata Sri, terapi Al Qur'an terbukti ampuh dalam menghadapi sekaligus memberi pendidikan kepada anak dengan kebutuhan khusus atau hiperaktif.

Sri mengatakan pelatihan dasar ini bertujuan memberikan keterampilan pendampingan anak autis dan hiperaktif kepada para peserta agar anak (autis) yang ditanganinya bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Selain itu untuk memberikan keterampilan untuk membuat program penanganan anak autis dan hiperaktif untuk mendapatkan hak hidupnya dengan metode terapi tepat sesuai kebutuhannya. Materi yang diberikan meliputi pengetahuan mengenai autis dan hiperaktif, membangun jiwa terapis/guru/pendamping, terapi ABA, penyusunan kurikulum program terapi, serta cara membuat evaluasi atau laporan perkembangan terapi. "Sebagian calon terapis akan kami tarik sebagai pendidik di lembaga baru yang akan kami buka nanti. Satu pendamping untuk satu siswa autis," kata Sri. (yog)

Posted by Wawan Kurniawan on 21.08. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels