WIRAUSAHA IBU-IBU KAMPUNG JOYONEGARAN ; Bentuk Kelompok untukKembangkan Usaha

YOGYA (KR) - Kiprah ibu-ibu warga RW XIII kampung Joyonegaran Wirogunan Mergangsan ini patut diacungi jempol. Mayoritas dari mereka menggeluti wirausaha rumahan di bidang pertanian, terutama budi daya tanaman hias dan pengolahan hasil pertanian, serta kerajinan. Namun potensi usaha tersebut untuk berkembang sering terhambat kendala klasik, yakni pemasaran dan modal.

Untuk mengatasi kendala di atas dan memperkuat usaha, para ibu tersebut membentuk wadah Kelompok Wanita Tani 'Joy 13', yang dikukuhkan di Graha Adi Joyonegaran Jalan Tamansiswa Yogya, belum lama ini. Setelah pengukuhan, di tempat yang sama digelar bazar yang memamerkan produk karya anggota kelompok.

"Pembentukan kelompok ini untuk mempermudah kami mendapatkan akses informasi dan pelatihan dari instansi terkait untuk pengembangan usaha. Kini kami mendapat pendampingan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Yogya, yang akan memberikan pengarahan dalam setiap pertemuan rutin kelompok kami," kata Ketua Kelompok Wanita Tani 'Joy 13', Endang Dwi Utami.

Menurut Endang, hingga saat ini ke-27 anggota kelompok masih sama-sama berusaha, belum berusaha bersama. Ke depan, lanjutnya, kelompoknya ingin mewujudkan usaha bersama dan mengembangkan pasar. "Sekarang kami membuka pasar bersama, dengan aktif berpromosi ikut pameran atau event pasar tani bulanan. Selanjutnya kami ingin mengembangkan usaha pemanfaatan sampah kering maupun basah, yang mendatangkan keuntungan ekonomis sekaligus melestarikan lingkungan," jelasnya. (M-6)-n

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor