|

LIBURAN SEKOLAH ; Kawasan Pantai Diserbu Wisatawan

WONOSARI (KR) - Liburan sekolah hari pertama, Minggu (28/6) sejumlah kawasan objek wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul diserbu wisatawan. Ribuan pengunjung mulai memadati Pantai Baron, Kukup dan Krakal. Mereka datang dari luar DIY dan sebagian lain merupakan wisatawan lokal.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Gunungkidul Drs Sudodo MM ketika dikonfirmasi membenarkan beberapa kawasan objek wisata pantai mulai dibanjiri pengunjung. Dalam tiga hari lalu jumlah wisatawan mencapai 8.000 orang dan total untuk satu minggu lalu tercatat 15 ribu pengunjung.

Diakui, bahwa wisata pantai di wilayahnya selama ini menjadi daerah favorit tujuan wisata.
Pada tahun 2008 lalu, realisasi pendapatan dari retribusi wisata mampu memasok Rp 1,3 miliar dari target direncanakan sebesar Rp 1,25 miliar. Sementara pada 2007 lalu, pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata mencapai Rp 970.858.360 dari target yang dipatok sebesar Rp 902 juta. Sedangkan target perolehan pendapatan tahun ini mencapai Rp 1,5 miliar.

Untuk mencapai target yang ditetapkan itu Disparbud Gunungkidul melakukan berbagai langkah untuk dapat merealisasi target tersebut. Di antaranya dengan mengintensifkan promosi wisata ke luar daerah, penataan kawasan pantai serta memperketat pengawasan petugas pemungut retribusi untuk menekan terjadinya kebocoran.

Sementara penetapan tarif retribusi pengunjung pantai, khusus hari Minggu dan libur Rp 4.050, sedangkan pada hari biasa hanya Rp 2.050. ”Dengan terjadinya peningkatan jumlah wisatawan pada musim liburan sekolah ini diharapkan mampu mendongkrak pencapaian target pendapatan yang ditetapkan,” tandasnya.

Terpisah Ketua Paguyuban Nelayan Baron Sunardi menyatakan, bahwa meningkatnya jumlah wisatawan diharapkan dapat mendatangkan pendapatan nelayan dan pedagang. ”Sayangnya tangkapan ikan saat ini sedang sepi dan berbagai jenis ikan sulit dicari dalam beberapa minggu terakhir,” keluhnya. (Bmp)-e

Posted by Wawan Kurniawan on 18.11. Filed under , , , , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented