MEMBLUDAKNYA PENDAFTAR CASIS KE SMK; Indikasi Tingginya MinatPendidikan Keterampilan

YOGYA (KR) - Membludaknya pendaftar ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Yogya menunjukan bahwa minat belajar siswa pada bidang ketrampilan kini cukup tinggi. Apalagi, tenaga terdidik terampil banyak dibutuhkan di dunia kerja. Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Drs Suyono mengemukakan hal itu kepada KR, Selasa (7/7). Untuk itu, pihaknya akan lebih mengintensifkan pendidikan siswa SMK, terutama pada bidang keterampilan yang banyak dibutuhkan dunia kerja. Namun demikian, pembinaan kepada sekolah non ketrampilan juga tetap diperhatikan.

Menurutnya, mengarahkan siswa agar masuk ke sekolah kejuruan juga sebagai upaya mengurangi angka pengangguran. Selain itu, dalam rangka mencetak tenaga terdidik yang terampil dan siap kerja. Apalagi, saat ini dunia kerja membutuhkan lulusan siap kerja. “Tapi tidak menutup kemungkinan siswa SMK untuk kuliah,” tandasnya. Dari pengamatan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, pada pendaftaran PPDB SMK tahun ajaran baru 2009/2010 ini menunjukkan minat siswa untuk masuk ke sekolah kejuruan memang cukup tinggi. Bahkan, banyak SMK yang kewalahan menerima casis karena kuota yang ada sudah terpenuhi. Justru, sekolah umum mulai berkurang peminatnya. “Pendaftarnya bukan dari ekonomi menengah ke bawah saja, tapi dari kalangan ekonomi atas, orang mampu dan penghasilan tinggi juga banyak yang daftar di SMK,” kata Suyono. Karena itu, pembenahan pada kurikulum SMK ke depan akan lebih ditingkatkan lagi, sebagai upaya peningkatan kualitas lulusan. Yang tak kalah penting adalah sebagai upaya mengurangi angka pengangguran.

Ditambahkan tingginya siswa untuk masuk ke SMK menunjukkan jika para orangtua sekarang sudah mulai sadar akan pentingnya membekali anak-anaknya dengan ketrampilan. Apalagi, persaingan dunia kerja semakin ketat. Dengan bekal keterampilan yang memadai diharapkan siswa bisa mendapatkan kerja. Jika inggin melanjutkan kuliah pun masih bisa. (R-1)-g

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor