|

Selama Liburan, Kerajinan Kulit Kerang Laris

RADAR JOGJA - GUNUNGKIDUL - Aneka kerajinan kerang yang dikombinasikan dengan perhiasan perak, kayu maupun kulit cukup menarik wisatawan. Tak terkecuali pada saat liburan kali ini. Para pengrajin mengaku mengalami peningkatan permintaan hingga 30 persen lebih. "Kebanyakan pembeli merupakan wisatawan luar daerah," kata Wisnu, salah satu pengrajin sekaligus penjual kerajinan kulit kerang di pantai Baron. Selama liburan, dalam sehari ia mengaku bisa memperoleh keuntungan sekitar 40 - 60 ribu. Sementara, pada saat hari-hari biasa, kerajinan tersebut tidak pasti laku. "Laku hanya pada saat akhir pekan saja," jelasnya.

Para perajin kreatif mengumpulkan beraneka jenis kerang dan bentuk yang berserakan di pantai berpasir putih, kemudian dijadikan bahan baku kerajinan bernilai seni dengan dipadukan dengan kayu, perak maupun emas. Aneka barang bernilai seni itu, dijual dengan harga berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 100.000 per buah tergantung ukuran dan bentuknya. Proses pembuatan kerajinan dari kulit kerang cukup sederhana, namun memerlukan keterampilan khusus, dan sentuhan seni yang cukup rumit. Proses pembuatan barang kerajinan ini relatif sederhana.. Kulit kerang yang akan dijadikan hiasan sebelumnya di rendam untuk menghilangkan baunya. Lalu setelah kering diamplas hingga halus.

Tidak hanya kulit kerang laut saja yang dapat diolah, berbagai biota laut lainnya juga dapat diolah menjadi barang kerajinan. Termasuk kepiting. Kulit kerang paling banyak digunakan untuk membuat cermin hias. Kaca cermin yang telah diberi pigura dihias dengan berbagai jenis biota laut yang telah diawetkan. Mulai dari kulit kerang, kepiting, hingga bintang laut. Barang kerajinan yang telah jadi kemudian dikumpulkan. Berbagai jenis barang kerajinan dapat dilihat disini, bentuknya unik dan indah. Sangat cocok untuk hiasan meja dan dinding ruangan. Harga berbagai barang kerajinan ini bervariasi. Tergantung bentuk dan ukurannya.. Untuk yang berukuran kecil, dihargai 15 ribu rupiah. Sedangkan untuk ukuran besar, sekitar 150 ribu rupiah. (hsa)

Posted by Wawan Kurniawan on 05.37. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented