|

460 Polisi Amankan Lebaran

HARIAN JOGJA - WATES: Untuk mempersiapkan operasi pengamanan Lebaran Ketupat Progo, Polres Kulonprogo Sabtu (12/9) menggelar gelar pasukan. Sebanyak 460 personel polisi diturunkan dan mulai efektif beroperasi di sejumlah titik-titik vital sejak Minggu (13/9).

Dalam gelar pasukan tersebut kekuatan polisi didukung oleh 30 personel TNI AD, 1 peleton (12 orang) Radar TNI AU, 1 peleton (30) Brimob, 22 ambulans dan kendaraan dari Dinas Kesehatan dan Pemadam Kebakaran, serta beberapa satuan Polisi Pamong Praja (PP), pramuka, dan Orari.

Pada kesempatan itu Kapolres Kulonprogo AKBP Darmanto mengatakan bahwa peningkatan aktivitas dan mobilitas orang menjelang lebaran dapat menimbulkan masalah (keamanan dan ketertiban masyarakat) kamtibmas. “Dengan operasi mandiri kewilayahan dan terpusat, kita harus bisa mengantisipasi terjadinya masalah kamtibmas yang dapat membuat orang merasa tidak aman dan nyaman,” katanya.

Darmanto menambahkan Polres Kulon Progo yang secara kesatuan berada dalam wilayah cakupan Polda DIY termasuk satuan yang amanatkan dalam status prioritas satu dalam pengaman Lebaran ini bersama sejumlah polda dari daerah lain seperti Polda DKI, Jawa Barat, Lampung, dan kota besar lainnya.

Pos Pengamanan
Sementara itu Kasat Lantas Polres Kulonprogo AKP H Ris Supriyanto mengatakan bahwa gelar pasukan ini akan semakin ditingkatkan menjelang H-7 hingga H+7. “Tapi untuk titik seperti stasiun dan terminal akan kami gelar hingga H+10,” katanya.

Sebelumnya Supriyanto mengatakan untuk mengantisipasi masalah keamanan Lebaran akan dilokasikan sejumlah Pos Pengamanan (Pospam) dan beberapa unit Patroli Jalan Raya (PJR). Lokasinya antara lain pada wilayah Ngeseng, Kentheng, Terminal, simpang tiga Ndemen, perbatasan Galur, dan Temon. Pospam ini dilakukan tanggal 13-27 September.

Oleh Pribadi Wicaksono
HARIAN JOGJA

Posted by Wawan Kurniawan on 18.36. Filed under , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels