|

Bantu Pembibitan Sapi Kulonprogo

RADAR JOGJA - KULONPROGO - Peternak di Kulonprogo bisa terbantu untuk pemeliharaan dan pembibitan sapinya. Pasalnya Kantor Bank Indonesia (KBI) mengambil inisiatif untuk mendukung pemerintah daerah dalam melaksanakan program pengembangan usaha pembibitan sapi. Di Kulonprogo sendiri, potensi peternakan sapi cukup menjanjikan bahkan rata-rata peternak memiliki lebih dari tiga ekor sapi dirumahnya.

Pemimpin Bank Indonesia Jogjakarta Tjahjo Oetomo mengatakan dalam rangka implementasi strategy map Bank Indonesia berupaya untuk berperan sebagai fasilitator oemberdayaan sector riil namun tetap dalam koridor untuk mendorong fungsi intermediasi perbankan. Salah satunya dengan memberikan dukungan kepada pemerintah daerah dalam pengembangan usaha.

"Kita memberikan bantuan teknis dan pendampingan kepada kelompok ternak pembibitan sapi yang ada di Kulonprogo,"ujarnya saat audiensi dengan bupati di Joglo Pemkab Kulonprogo, kemarin.

Sasarannya dari pendampingan ini, yakni menumbuhkan efektivitas usaha kelompok peternak, menggali potensi lokal agar lebih optimal dan meningkatkan aspek manajerial usaha kelompok peternak. Dengan demikian, harapannya bisa menaikan pendapatan kelompok peternak di Kulonprogo.

Bupati Kulonprogo Toyo S Dipo mengungkapkan bahwa Kulonprogo memang memiliki potensi bagus dalam peternakan dan pembibitan sapi. Adanya perhatian dari KBI bisa memberikan angin segar bagi perkembangan peternakan di Kulonprogo. Pengembangan peternakan sapi merupakan salah satu ambisi pemkab Kulonprogo. Bahkan pemkab sudah melakukan kontak dengan pengusaha sapi di Australia untuk kerjasama pengembangan ternak sapi.

"Ambisi kita untuk mengembangkan peternakan sapi, kedepannya kita juga akan membuat rumah pemotongan hewan sebagai penunjang,"ujarnya.(ila)

Posted by Wawan Kurniawan on 05.37. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels