|

Pedagang Diminta Hindari Kresek Hitam

RADAR JOGJA- Kepala Dinas Pertanian Provinsi DIJ Nanang Suwandi minta para pedagang pasar menghindari penggunaan plastik hitam untuk pembungkus bahan makanan. Sebab, ditengarai plastik berwarna hitam itu merupakan hasil daur ulang.

"Ketimbang berbahaya bagi kesehatan lebih diganti dengan plastik warna putih yang bukan hasil daur ulang," pinta Nanang di sela-sela mengadakan pemantauan di Pasar Beringharjo kemarin.

Dengan tidak menggunakan plastik daur ulang bisa meminimalkan risiko. Nanang yakin tanpa harus diminta sebetulnya masyarakat telah menyadari pentingnya menjaga kesehatan dengan menghindari pemakaian plastik daur ulang.

Soal hasil pantauan di Pasar Beringharjo, Nanang menemukan harga-harga relatif stabil dan stok barang masih mencukupi. Dari kondisi faktual itu, ia lagi-lagi minta masyarakat tak perlu khawatir terhadap kemungkinan kelangkaan stok bahan pangan.

Namun demikian, Nanang juga berharap masyarakat tidak terjebak pada aksi borong bahan pangan karena dikhawatirkan memengaruhi gejolak harga. "Jangan mentang-mentang mau lebaran, biasanya beli telur satu kilogram sekarang membeli 5 kilogram," ingatnya.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Provinsi DIJ Edi Sulistio mengatakan dari hasil pemantauan di Pasar Beringharjo tak ditemukan adanya daging bermasalah seperti daging glonggongan maupun daging ayam tiren. "Kami juga tak menemukan kandungan formalin," bebernya.

Secara umum harga-harga relatif stabil kecuali cabe merah. Sebelumnya harga cabe rawit merah per kilo Rp 6.000 naik menjadi Rp 9.000 dan cabe merah Rp 30.000 dari sebelumnya Rp 16.000 dan cabe rawit hijau dari Rp 6.000 naik menjadi Rp 10.000 per kilo.

Ketua Sementara DPRD DIJ Nuryadi mengatakan dari hasil monitoring tim khusus yang dibentuk dewan tidak ditemukan masalah berarti. Ia menilai persiapan pengamanan Lebaran berjalan baik. "Relatif baik," pujinya.

Menjelang Lebaran, dewan membentuk tim khusus pemantau bidang kesehatan, transportasi, keamanan dan perekonomian. Tim itu terjun ke empat kabupaten dan kota. (kus)

Posted by Wawan Kurniawan on 02.10. Filed under , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

Recently Added

Recently Commented