Tahun Ini dibuka Lowongan 325 Ribu CPNS

HARIAn JOGJA- Lowongan untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan dibuka Oktober 2009. Ada 325 ribu PNS yang dibutuhkan untuk ditempatkan di pusat maupun daerah.

"Untuk tahun 2009, secara nasional akan dibuka formasi untuk PNS sekitar 325 ribu. Angka tersebut dikarenakan tahun 2009 ini akan ada yang pensiun sekitar 125 ribu. Jadi efektif PNS-nya hanya sekitar 200 ribu," kata Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara, Tasdik Kinanto.

Hal ini disampaikan dia di Gedung Kementerian Negara, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (24/9).

Dikatakan dia, dari 325 ribu PNS tersebut, hanya 50 ribu untuk PNS pusat. Sedangkan 275 ribu untuk daerah. Pembukaan formasi mulai dari Oktober 2009. Walaupun ada beberapa instansi yang sudah buka lebih awal.

"Seleksinya kita serahkan kepada instansi masing-masing. Tetapi harus melibatkan perguruan tinggi setempat," ujarnya.

Tenaga yang dibutuhkan adalah tenaga teknis seperti guru, dosen, dan tenaga teknis di bidang tertentu seperti di Departemen Perhubungan dan Departemen Pekerjaan Umum (PU).

"Saya juga sudah memerintahkan kepada seluruh instansi baik di daerah maupun pusat dalam membuka lowongan agar merinci secara jelas jumlah yang diminta, kualifikasi, jenjang pendidikan, dan penempatan agar tidak ngawang-ngawang. Setelah itu, baru kita setujui," papar dia.(Sindikasi berita detikcom)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Super Murah "Back To School" Matahari Godean Toserba & Swalayan

Kasus Corona DIY Tambah 10 Jadi 169, Ada dari Klaster Gereja dan Indogrosir

Bebas 2 Pekan, Napi Asimilasi di Yogya Diciduk Gegara Nyolong Motor