|

Bangun Under Pass Di Bawah Jalan Senopati

Akses Pengunjung Ke Taman Pintar
RADAR JOGJA - Dalam rangka memberika kemudahan bagi para pengunjung, Pemkot Jogja akan membangun sebuah "under pass" (terowongan bawah tanah) yang mengubungkan Taman Parkir Senopati dengan Taman Pintar.

Lalu lintas Jalan Senopati yang terlalu padat dan demi kenyamanan para pengujung, menjadi alasan mengapa terowongan ini dibangun. Ditargetkan, pembangunan under pass yang memerlukan anggaran awal sekitar Rp 90 juta ini akan dilakukan perencanaan tahun 2010. "Tahun 2011 diharapkan akan selesai pembangunannya," terang Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kota Jogja Agus Sularto kemarin.

Menurut dia, pembangunan "under pass" tersebut dilakukan karena Taman Pintar sudah menjadi sebuah ikon pariwisata di Kota Jogja. Dengan tambahan fasilitas ini, diharapkan semakin memberikan kenyamanan pengunjung saat mengunjungi tempat wisata edukasi itu.

Under pass ini direncanakan dengan spesifikasi teknis, panjang 20 meter dan lebar 10 meter. Total anggaran yang disediakan sebesar Rp2,5-Rp2,6 miliar.

Tak hanya berwujud lorong, sejumlah fasilitas akan dibangun di bagian dalamnya. Kios-kios akan dibangun di kanan-kiri lorong dan juga fasilitas untuk difabel. "Dan tentu saja akan dilengkapi dengan pendingin ruangan," lanjutnya.

Meskipun akan membuat lorong di bawah Jalan Senopati, Agus menjamin berbagai fasilitas kota seperti saluran limbah, dan juga drainase yang ada tidak akan terganggu dengan proyek pembangunan itu.

Terpisah, Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Edy Heri Suasana menyatakan, selama ini berdasarkan masukan banyak pihak, ada beberapa kekurangan yang dimiliki Taman Pintar. Salah satunya fasilitas lokasi parker yang terlalu jauh, khususnya untuk bus-bus pariwisata. Bus-bus ini harus harus diparkir di Taman Parkir Senopati. Dengan kondisi ini, para pengunjung usai turun bus terpaksa harus menyeberang jalan.

Karena itu, dengan pembangunan under pass ini, dia berharap segera direalisasikan. "Ini demi kenyaman pengunjung dan masyarakat umum. Khususnya mereka turun dari bus menuju Taman Pintar," katanya.

Dikatakannya, pihaknya berharap agar pembangunan under pass ini akan memberikan dampak positif bagi Taman Pintar. Pihaknya mengaku sangat berkepentingan terhadap pembangunan under pass tersebut. Salah satunya adalah disebabkan potensi kunjungan yang dimiliki Taman Pintar. Saat ini, jumlah pengunjung telah mencapai lebih dari 800 ribu pengunjung dari awal tahun hingga awal November 2009.

"Kami optimistis angka kunjungan akan lebih banyak lagi tahun-tahun mendatang. Kami berani menargetkan angka kunjungan Taman Pintar tahun ini sebanyak satu juta pengunjung," jelasnya.(din)

Posted by Wawan Kurniawan on 14.32. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels